Aturan Resmi! Polisi Larang Pakai Sandal Jepit Saat Mengendarai Motor: Nyawamu Lebih Berharga!

- Jumat, 17 Juni 2022 | 14:02 WIB
Polisi larang pakai sandal jepit saat mengendarai motor (Instagram @viralinbos)
Polisi larang pakai sandal jepit saat mengendarai motor (Instagram @viralinbos)

NEWSmedia – Polri kini telah resmi mengumumkan larangan penggunaan sandal jepit oleh pengendara sepeda motor demi keselamatan.

Hal ini disebabkan karena sandal jepit kurang memberikan perlindungan pengendara apabila terjadi kecelakaan di jalan raya.

Untuk diketahui, Korlantas Polri kini tengah melakukan Operasi Patuh Jaya 2022 serentak di seluruh Indonesia yang dimulai sejak 13 Juni 2022 hingga 26 Juni 2022.

Baca Juga: Dito Mahendra Siapa? Sosok yang Melaporkan Nikita Mirzani Ke Polisi: Lengkap dengan Kronologi Singkat-nya

Korlantas Polri menghimbau agar tidak menggunakan alas kaki seadanya seperti sandal jepit saat berkendara di jalan raya, terlebih pengguna sepeda motor.

“Karena kalau sudah pakai motor, kulit itu bersentuhan langsung dengan aspal, ada api, ada bensin, ada kecepatan, makin cepat makin tidak terlindungi kita, itulah fatalitas,” ungkap Kakorlantas Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi di Polda Metro Jaya, dikutip NEWSmedia dari NTMC Polri pada 17 Juni 2022.

Adanya pemberlakuan perlengkapan saat berkendara penting untuk keselamatan nyawa dan upaya mencegah terjadinya hal-hal yang tak diinginkan.

Baca Juga: Pertaruhan The Series Tayang Kapan, Setiap Hari Apa dan Tayang di Mana? Berikut Link Nonton Full Episode

Korlantas Polri juga menghimbau para pengendara sepeda motor untuk menggunakan helm berstandar SNI serta menggunakan alas kaki yang benar seperti sepatu.

Hal ini tidak lain karena bertujuan agar dapat meminimalisir cidera apabila terjadinya kecelakaan di jalan raya.

Tidak ada sanksi tilang bagi pengendara yang naik motor pakai sandal jepit, namun petgas hanya memberikan himbauan dan edukasi apabila ada pengendara yang tidak memakai sepatu.

Baca Juga: Kejadian Konyol Film Melur untuk Firdaus: Malam Pertama Malu Tapi Mau, Drama Malaysia yang Romantis dan Lucu

“Tidak ada sanksi tilang, saya sudah sampaikan untuk ops patuh tahun ini kita sudah dibantu dengan etle. Yang ketemu di jalan kita akan berikan edukasi termasuk tadi. Ini mungkin tidak gampang masa-masa dulu ketika dipaksa pakai helm juga yang panas ada, tapi ketika masyarakat menyadari kepala saya ini penting," tambahnya.

Semoga pengendara lebih patuh dan taat dengan aturan yang berlaku demi kebaikan bersama.***

Editor: Ahmad Hipni

Tags

Artikel Terkait

Terkini