• Jumat, 7 Oktober 2022

Profil Andika Perkasa dan Kiprahnya di TNI Hingga Diusulkan Partai NasDem jadi Bakal Calon Presiden 2024

- Sabtu, 18 Juni 2022 | 10:31 WIB
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

NEWSmedia - Nama Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa masuk daftar bakal calon Presiden yang direkomendasikan Partai NasDem untuk diusung di Pemilihan Presiden (Pilpres 2024).

Andika Perkasa diusulkan menjadi bakal calon Presiden (capres) bersama dua nama lain yakni Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo berdasarkan hasil Rakernas Partai NasDem yang digelar 15-17 Juni 2022 di JCC Senayan, Jakarta.

Nama Andika Perkasa, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo muncul berdasarkan usulan kader NasDem di daerah yang mengikuti Rakernas.

Baca Juga: Peluang Puan Maharani di Pilpres 2024, Pengamat: Terus Rawat dan Jaga Hubungan Baik dengan Kalangan Nahdliyin

Siapakah Andika Perkasa? Bagaimana profil Andika Perkasa dan kiprahnya di TNI hingga menjadi Panglima TNI yang dipilih Presiden Jokowi dan dilantik pada 17 November 2021? Berikut rangkumannya.

Bernama lengkap Andika Perkasa, dengan gelar pendidikan S.E., M.A., M.Sc.,M.Phil.,Ph.D, dia merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1987.

Andika Perkasa lulusan sarjana di dalam negeri. Kemudian Andika melanjutkan studi ke The Military College of Vermont, Norwich University USA, National War College, National Defense University (Washington D.C.,USA) dan The Trachtenberg School of Public Policy and Public Administration, The Geoge Washington University (Washington D.C., USA).

Istrinya bernama Diah Erwiany dan dikaruniai seorang anak bernama Wiratama Akbar Perkasa. Andika Perkasa kelahiran Bandung, 21 Desember 1964 dan merupakan menantu dari mantan Kepala Badan Intelejen Negara, Jenderal TNI Purnawirawan AM Hendropriyono.

Baca Juga: Potret Wajah Muda Calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Menjadi 'Sopir' sang Mertua A.M Hendropriyono

Andika Perkasa mulai menjabat menjadi perwira tinggi TNI AD sejak November 2018 sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad). Sebelum menjadi Kasad TNI AD, Andika Perkasa telah melalui rentetan pengalaman di dunia militer.

Halaman:

Editor: Rapih Herdiansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini