• Sabtu, 20 Agustus 2022

Kapan Puasa Tarwiyah dan Puasa Arafah di Hari Raya Idul Adha Dilaksanakan? Simak Penjelasannya Disini

- Minggu, 19 Juni 2022 | 10:00 WIB
Berikut ini jadwal puasa tarwiyah dan puasa arafah Idul Adha tahun ini. (Foto: Pexels)
Berikut ini jadwal puasa tarwiyah dan puasa arafah Idul Adha tahun ini. (Foto: Pexels)

NEWSmedia - Menjelang Idul Adha 2022, umat Islam dianjurkan untuk melaksanakan berbagai amalan sunnah, seperti misalnya puasa Idul Adha yang terdiri dari Tarwiyah dan Arafah. Pertanyaannya, kapan puasa tarwiyah dan puasa arafah di Idul Adha tahun ini?

Banyak yang bertanya kapan puasa Tarwiyah dan Arafah. Hal itu dikarenakan ada perbedaan antara kalender masehi dan hijriyah.

Oleh sebab itu, pelaksanaan Idul Adha hingga amalan sunnah yang menyertainya seperti puasa Tarwiyah dan Arafah pada setiap tahun berbeda-beda.

Baca Juga: Jadwal dan Link Live Streaming Babak Grand Final MSC 2022: Rematch Final Upper Bracket, Akankah RRQ Juara?

Pengertian Puasa Tarwiyah

Puasa Tarwiyah merupakan puasa sunah yang dilakukan pada tanggal 8 Dzulhijjah atau dua hari sebelum Idul Adha. Biasanya, puasa Tarwiyah diiringi dengan puasa Arafah pada keesokan harinya.

Puasa Tarwiyah sangat dianjurkan kepada umat Islam. Bertepatan dengan hari itu, para jemaah haji juga tengah dalam perjalanan menuju Mina.

Pengertian Puasa Arafah

Sama halnya seperti puasa Tarwiyah, puasa Arafah adalah salah satu amalan sunnah menjelang Hari Raya Idul Adha. Hukum puasa Arafah adalah sunnah muakkad, artinya sangat dianjurkan.

Puasa Arafah dilaksanakan pada tanggal 9 Dzulhijjah atau satu hari sebelum Idul Adha. Umat Islam dianjurkan untuk melaksanakan puasa Idul Adha karena memiliki berbagai macam keutamaan.

Halaman:

Editor: Adam Adhary Abimanyu

Tags

Artikel Terkait

Terkini