• Selasa, 16 Agustus 2022

Ingin Rambut Tebal dan Berkilau? Coba 15 Cara Merawat Rambut yang Mudah Dilakukan

- Senin, 27 Juni 2022 | 11:13 WIB
Cara merawat rambut agar  Rambut Berkilau, Bervolume dan Sehat.  (pixabay.com/@melancholiaphotography)
Cara merawat rambut agar Rambut Berkilau, Bervolume dan Sehat. (pixabay.com/@melancholiaphotography)
  NEWSmedia - Berikut ini cara merawat rambut agar berkilau, sehat dan juga bervolume untuk kamu yang punya masalah rambut rontok atau lainnya. 
 
Hampir setiap wanita pasti ingin memiliki rambut tebal dan panjang. Namun ternyata polusi dan penggunaan produk penataan rambut serta pewarna secara teratur dapat membuat rambut menjadi tipis, kering bahkan rapuh. Karenanya butuh cara merawat rambut yang benar.
 
Meskipun perawatan spa rambut mungkin tampak sebagai satu-satunya pilihan untuk merevitalisasi rambut, ada beberapa tips dasar yang bisa kamu ikuti yaitu cara merawat rambut tetap sehat seperti berikut ini.
 
 
Ada apa aja sih? Yuk simak 15 cara merawat rambut yang bisa kamu ikuti untuk mendapatkan rambut yang berkilau, lebih sehat dan bervolume:
 
Tips 1: Selalu lindungi rambut kamu dari sinar matahari, angin, dan hujan. Paparan sinar matahari yang berlebihan, panas, kotoran, dan polusi bisa menambah kesengsaraan rambut. Hal itu dapat menyebabkan penumpukan kotoran, mengeringkan rambut dan kulit kepala. Kamu bisa menggunakan payung atau topi.
 
Tips 2: Hindari rambut basah. Berhati-hatilah Dengan Rambut Basah Rambut basah sangat rapuh dan mudah patah. Saat basah, batang serta akar rambut akan lebih rentan mengalami kerusakan sehingga sangat mudah rapuh dan patah. Jangan terlalu keras saat keramas karena dapat menyebabkan kerusakan. Selain itu, hindari menyikat gigi segera setelah mandi. Jika perlu, gunakan topi mandi sebagai gantinya.
 
 
Tips 3: Pengkondisian menggunakan kondisioner setelah setiap keramas. Mulailah mengkondisikan sekitar 2 inci dari kulit kepala Anda. Terlalu banyak kondisioner pada kulit kepala hanya akan membuatnya terlalu berminyak.
 
Tips 4:  Gunakan setrika atau pengikal, pelurus rambut hanya jika diperlukan. Jangan terlalu panas. Panas dapat menghilangkan kadar air dari rambut sehingga membuat rambut menjadi kering dan keriting.
 
Tips 5:  Hindari penggunaan ikat rambut super ketat. Sebagai gantinya, pilih scrunchies dengan kain di sekelilingnya. Ikatan rambut yang ketat cenderung menarik rambut ke belakang dengan sangat kencang, yang meningkatkan gesekan dan dapat menyebabkan kerusakan.
 
 
Tips 6: Pilih sarung bantal berbahan satin, diketahui satin bisa mengurangi kerontokan rambut akibat gesekan.
 
Tips 7: Jangan menggosok kuat-kuat rambut dengan handuk. Mungkin kamu mengeringkan rambut lebih cepat, tetapi jumlah rambut yang patah dan rontok justru malah berlipat ganda.
 
Tips 8: Minyaki rambut kamu sesering mungkin, dan gunakan sampo yang lembut untuk menghilangkan minyaknya. Meminyaki kulit kepala baik untuk rambut, tapi jangan berlebihan karena itu akan membutuhkan lebih banyak sampo. Kamu bisa menggunakan minyak zaitun, minyak kelapa, atau minyak almond.
 
 
Tips 9: Gunakan masker rambut yang sesuai dengan kebutuhan rambut. Kebutuhan rambut bervariasi sesuai dengan jenis dan masalah rambut, kamu perlu menggunakan masker yang tepat, atau itu dapat makin memperburuk masalah rambut kamu.
 
Tips 10: Air dingin baik untuk rambut saat mencuci rambut, pilihlah air hangat atau dingin daripada air panas. Dingin tidak berarti sangat dingin, kamu bisa gunakan air pada suhu kamar. Air panas dan hangat membuka kutikula rambut dan pori-pori pada epidermis. Jika airnya terlalu panas, bisa merusak rambut.
 
Tips 11: Menyikat rambut adalah cara jitu untuk meningkatkan kilau rambut. Jangan gunakan sikat plastik karena dapat menyebabkan kerusakan yang meningkat.
 
 
Tips 12: Pola makan yang baik untuk rambut juga akan meningkatkan kesehatan rambut, pola makan juga mempengaruhi kesehatan rambut. Oleh karena itu, penting untuk makan banyak buah-buahan, sayuran, dan makanan berprotein tinggi untuk mengkondisikan rambut secara alami.
 
Tips 13: Hindari menggunakan terlalu banyak produk pada rambut.
 
Tips 14: Hindari penggunaan bahan kimia secara berlebihan terlalu sering menggunakan sampo dan kondisioner kimia dapat
 membuat rambut kusam dan kering.
 
 
Tips 15: Sisir dan kuas penting untuk mengetahui jenis sisir dan sikat yang digunakan untuk menata rambut. Sisir dan sikat berkualitas tinggi lebih disarankan daripada produk berkualitas rendah karena membantu memijat dan merilekskan kulit kepala. Jika kamu memiliki rambut keriting, sikat bulu nilon akan membantu menjinakkannya. 
 
Sekarang saatnya untuk beralih ke solusi yang lebih alami, dapatkan rambut sehat berkilau dan bervolume.*****
 

Editor: Ilah Rohilah

Tags

Artikel Terkait

Terkini