• Sabtu, 20 Agustus 2022

Berburu Pahala di Bulan Dzulhijjah, Begini Niat Puasa Tarwiyah dan Kapan Waktunya?

- Kamis, 30 Juni 2022 | 18:45 WIB
Lafal Niat Puasa Arafah Bahasa Arab dan Indonesia, Lengkap dengan Keutamaan Menjalankannya (Pexels - Tima Miroshnichenko)
Lafal Niat Puasa Arafah Bahasa Arab dan Indonesia, Lengkap dengan Keutamaan Menjalankannya (Pexels - Tima Miroshnichenko)


NEWSmedia - Diantara puasa sunnah menjang Hari Raya Idul Adha adalah yang sangat dianjurkan adalah Puasa Tarwiyah. Untuk itu simak baik-baik niat Puasa Tarwiyah.

Untuk niat Puasa Tarwiyah dilaksanakan pada malam hari sebelum menjalankan puasa, atau sebelum subuh.

Akan tetapi, jika seseorang lupa tidak niat Puasa Tarwiyah pada malam harinya, orang tersebut bisa menyusul pelafalan niat puasanya pada siang hari.

Baca Juga: Lafal Niat Puasa Arafah Bahasa Arab dan Indonesia, Lengkap dengan Keutamaan Menjalankannya

Dengan syarat orang tersebut belum makan dan minum hingga menjelang siang hari.

Berbeda dengan puasa Arafah yang dilaksanakan pada tanggal 9 Dzulhijjah, Puasa Tarwiyah dilaksanakan satu hari sebelumnya.

Dalam sebuah hadist dijelaskan barang siapa yang melaksanakan Puasa Tarwiyah maka akan mendapatkan pahala akan dihapus dosanya selama satu tahun.

Baca Juga: Pakai Hijab di Momen Selamatan, Barbie Kumalasari Kena Hujat Netizen, Kok Bisa?

Sedangkan dalam hadist yang sama, jika ada seseorang melaksanakan Puasa Arafah maka akan dihapus dosanya selama dua tahun.

Pada tahun 2022 ini Kementrian Agama (Kemenag) telah menetapkan tanggal 1 Dzulhijjah jatuh pada hari Jumat, 1 Juli 2022.

Halaman:

Editor: Fauzan KR

Sumber: NU Online

Tags

Artikel Terkait

Terkini