• Selasa, 16 Agustus 2022

Perbedaan Panik dan Cemas yang Jarang Diketahui, Simak Penjelasan dari Ahli Psikologi Ini

- Jumat, 1 Juli 2022 | 16:16 WIB
Perbedaan panik dan cemas (pixabay.com/ TheDigitalArtist)
Perbedaan panik dan cemas (pixabay.com/ TheDigitalArtist)

NEWSmedia - Kamu mungkin mendengar orang berbicara tentang panik dan cemas seolah-olah mereka adalah hal yang sama, padahal kondisi mereka berbeda.

Lalu apa itu cemas? Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM-5) mendefinisikan cemas sebagai fitur dari sejumlah gangguan kejiwaan umum.

Sedangkan panik datang tiba-tiba dan melibatkan rasa takut yang intens dan seringkali luar biasa. Mereka disertai dengan gejala fisik yang sangat menantang, seperti detak jantung yang berpacu, sesak napas, atau mual.

Baca Juga: Inilah Ciri ciri dan Gejala Hepatitis Akut yang Menyerang Anak anak, Kemenkes: Masyarakat Jangan Panik

Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM-5) mengkategorikan panik sebagai hal tidak terduga atau tak diharapkan.

Serangan panik tak terduga terjadi tanpa penyebab yang jelas. Panik disebabkan oleh stresor eksternal, seperti fobia. Serangan panik dapat terjadi pada siapa saja.

Gejala panik dan cemas mungkin terasa serupa, dan mereka memiliki banyak gejala emosional dan fisik. Kamu bisa mengalami cemas dan panik secara bersamaan.

Baca Juga: Selain Jadi Bahan Relaksasi Alami, dr. Saddam Ismail Ungkap 5 Manfaat Lilin Lebah untuk Kesehatan Tubuh

Misalnya, kamu mungkin mengalami cemas saat mengkhawatirkan situasi yang berpotensi membuat stres, seperti presentasi penting di tempat kerja.

Ketika situasinya tiba, kecemasan dapat berujung pada serangan panik. Mungkin sulit untuk mengetahui apakah yang kamu alami adalah cemas atau panik.

Halaman:

Editor: Ahmad Hipni

Tags

Artikel Terkait

Terkini