• Sabtu, 20 Agustus 2022

Begini Niat Puasa dan Keutamaan Puasa Dzulhijjah yang Perlu Kamu Tahu Berikut Tulisan Latin dan Terjemahan-nya

- Senin, 4 Juli 2022 | 15:36 WIB
Ilustrasi niat dan keutamaan puasa Dzulhijjah. (pixabay/mohamed_hassan)
Ilustrasi niat dan keutamaan puasa Dzulhijjah. (pixabay/mohamed_hassan)

NEWSmedia - Puasa Dzulhijjah merupakan salah satu ibadah sunah yang dianjurkan untuk dijalankan umat muslim di bulan Dzulhijjah dan niat puasa Dzulhijjah pasti banyak dicari orang.

Waktu pelaksaan puasa Dzulhijjah ini biasanya dijalankan pada tanggal 1 hingga 9 pada bulan Dzulhijjah, khusus pada tanggal delapan puasa tersebut dinamakan dengan puasa Tarwiyah sementara pada tanggal sembilan dinamakan puasa Arafah. 

Ibadah puasa Dzulhijjah, Tarwiyah, dan Arafah ini dapat dilakukan selain melaksanakan ibadah haji, kurban, dan tentunya Salat Idul Adha. Berikut niat puasa dan keutamaan puasa Dzulhijjah lengkap dengan tulisan latin dan terjemahan.

Baca Juga: Bolehkah Niat Puasa Arafah Pada Siang Hari? Begini Penjelasannya

Amalan puasa Dzulhijjah juga merujuk pada sabda Rasulullah SAW:

"Tidak ada hari di mana amal salih padanya lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari ini, yakni 10 hari pertama Dzulhijjah. Para sahabat bertanya, 'Tidak juga dari jihad fi sabilillah?' Beliau menjawab, 'Jihad fi sabilillah juga tidak, kecuali seseorang yang keluar dengan diri dan hartanya, lalu ia tidak kembali dengan satu pun dari keduanya."

Maka dari itu, melaksanakan puasa Idul Adha pada sembilan hari pertama bulan Dzulhijjah juga memiliki keutamaan tersendiri. Di antaranya adalah sebagai berikut:

Baca Juga: Jelang Hari Raya Idul Adha, Berikut Keistimewaan Bulan Dzulhijjah Dibandingkan Lainnya

Pahala ibadah pada sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah akan mendapatkan pelipatan pahala dibandingkan ibadah di bulan-bulan lainnya.

Halaman:

Editor: Nurcholis Fajri Syah

Tags

Artikel Terkait

Terkini