• Sabtu, 10 Desember 2022

Apa itu Kurikulum Merdeka? Mengenal Konsep dan Tantangan Kurikulum Merdeka, Simak Penjelasan di Sini

- Selasa, 5 Juli 2022 | 13:08 WIB
Mengenal Konsep dan Tantangan Kurikulum Merdeka (Pixabay/ sasint)
Mengenal Konsep dan Tantangan Kurikulum Merdeka (Pixabay/ sasint)

NEWSmedia - Dalam rangka pemulihan pembelajaran selama 2020-2024, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikburistek) mengeluarkan kebijakan dalam pengembangan Kurikulum Merdeka yang diberikan kepada satuan pendidikan.

Kurikulum Merdeka sudah mulai diterapkan sejak lama, namun masih ada beberapa sekolah yang perlu adaptasi mengingat bahwa kurikulum sebelumnya baru diterapkan selama beberapa tahun terakhir.

Nantinya, Kurikulum Merdeka digunakan untuk seluruh satuan pendidikan mulai dari PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, Pendidikan Khusus, dan Kesetaraan. Sehingga Kurikulum Merdeka ini tidak terbatas pada jenjang tertentu saja.

Baca Juga: Kampus UIN Banten Akan Mulai Pembelajaran Tatap Muka Pada Semester Genap 2021, Begini Komentar Para Mahasiswa!

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi.

Dikutip dari Buku Saku Kurikulum Merdeka, dalam Kurikulum Merdeka atau Merdeka Belajar, guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.

Dilansir dari laman kurikulum.kemdikbud.go.id, Kurikulum Merdeka dikembangkan sebagai kerangka kurikulum yang lebih fleksibel.

Baca Juga: Keluhkan Belajar dari Rumah, Mahasiswa Angkatan 2019 Ramaikan Cuitan 'Semester 6' Hingga Trending di Twitter

Sehingga lebih menyesuaikan kepada minat dan ketertarikan peserta didik dengan tujuan memaksimalkan potensi dari masing-masing individu.

Kurikulum Merdeka Belajar fokus pada materi esensial dan pengembangan karakter dan kompetensi peserta didik.n

Halaman:

Editor: Ahmad Hipni

Tags

Artikel Terkait

Terkini