• Jumat, 19 Agustus 2022

Sukses Bikin Program Pendidikan Lewat Bastra ID, Pemuda Ini Wakili Banten di Pemilihan Pemuda Pelopor Nasional

- Rabu, 6 Juli 2022 | 18:00 WIB
Tito Tri Kadafi pengelola BASTRA ID yang mewakili Banen pada ajang Pemilihan Pemuda Pelopor Nasional Tahun 2022.
Tito Tri Kadafi pengelola BASTRA ID yang mewakili Banen pada ajang Pemilihan Pemuda Pelopor Nasional Tahun 2022.

NEWSmediaTito Tri Kadafi, pemuda yang terpilih menjadi pemenang pada bidang pendidikan Pemilihan Pemuda Pelopor Provinsi Banten 2022 kini mewakili Banten di ajang Pemilihan Pemuda Pelopor Nasional.

Tito Tri Kadafi merupakan pendiri sekaligus Direktur Manajemen Bastra ID, organisasi pendidikan yang bergerak di bidang bahasa, sastra, dan literasi dengan pengintegrasian lintas isu dalam upaya peningkatan keterampilan sosio-emosional.

Organisasi Bastra ID yang dikelola Tito Tri Kadafi bersifat integratif dan berskala nasional. Didirikan pada 16 November 2018, Bastra ID telah bergerak dan memiliki 110 relawan di berbagai daerah di Indonesia. Lokasi basisnya saat ini berada di Kota Serang, Banten.

Baca Juga: Newsmedia Siap Jadi Laboratorium Merdeka Belajar Mahasiswa Komunikasi UIN Banten

Cerita awal Tito mendirikan Bastra ID adalah saat studi di Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Tito mendirikan lembaga itu berangkat dari tiga pernyataan masalah yakni, pertama adalah maraknya fenomena xenoglosofilia (lebih cinta berbahasa asing ketimbang bahasa Indonesia).

Kedua, kurangnya pemahaman utuh terhadap sastra Indonesia, serta ketiga, pentingnya keterampilan sosio-emosional dan literasi dasar yang ditunjang dengan keterampilan berbahasa yang baik untuk bisa bertahan di era saat ini.

Tiga masalah itulah menjadi landasan bagi Tito dan Tim Bastra ID menggiatkan program-program pendidikan kebahasaan ke berbagai daerah di Indonesia.

Salah satu metode pembelajaran bernama Kartu Berembug yang diterapkan Bastra ID.
Kegiatan Bastra ID terbagi atas dua ranah, yakni giat program dan giat media. Program Bastra ID di antaranya Remaja Belajar Menulis Konten, inkubasi intensif kepenulisan populer ilmiah untuk siswa SMP dan SMA dengan objektif menjadikan penerima manfaat sebagai penangkal hoaks dan ujaran kebencian di media digital.

Program ini telah diselenggarakan selama 5 musim, dan telah mengintervensi 124 anak dari 22 provinsi di Indonesia. Kedua, adalah program penyusunan dan implementasi media pembelajaran Kartu Berembug.

Halaman:

Editor: Rapih Herdiansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini