• Minggu, 25 September 2022

Pj Gubernur Banten Almuktabar Tegaskan Pemerintah Hadir dan Serius Tangani PMK

- Kamis, 7 Juli 2022 | 17:28 WIB
Pj Gubernur Banten Almuktabar didampingi Kadis Perindag Provinsi Banten Babar Suharso dan Tim Satgas Penanganan Wabah PMK. (Foto: Biro Adpim Setda Pemprov Banten )
Pj Gubernur Banten Almuktabar didampingi Kadis Perindag Provinsi Banten Babar Suharso dan Tim Satgas Penanganan Wabah PMK. (Foto: Biro Adpim Setda Pemprov Banten )

NEWSmedia - Penjabat (Pj) Gubernur Banten Almuktabar menegaskan, bahwa Pemerintah hadir dan sangat serius dalam menangani Penyakit wabah Mulut dan Kuku atau wabah PMK pada binatang ternak. Almuktabar mengecek langsung kedatangan vaksin PMK ketiga sejumlah 94 ribu dosis yang diimpor dari Perancis.

“Telah kita saksikan bersama, kita telah menerima tahap ketiga vaksin Penyakit Mulut dan Kuku sejumlah 94 ribu. Vaksin untuk pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku pada ternak,” ungkap Al Muktabar saat Pengawalan Ketibaan Vaksin Penyakit Mulut dan Kuku bersama Kantor Pelayanan Utama Bea Cukai Tipe C Bandara Soekarno-Hatta di Terminal Kargo 520, Tangerang-Banten, Senin 4 Juli 2022.

“Kita akan terus menerus untuk Pemerintah hadir menangani Penyakit Mulut dan Kuku. Vaksin akan didistribusikan ke daerah sesuai prioritas penyebaran untuk digunakan secara efektif, efisien, transparan, dan akuntabel,” tegasnya.

Baca Juga: Kembali Lakukan Operasi di Busan Korea, Lucinta Luna: Selamat Tinggal Khodam, Selamat Datang Ratu 9 Nyawa

Masih menurut Al Muktabar, setelah pihaknya mengecek langsung ke gudang pendingin Terminal Kargo 520 Bandara Soekarno-Hatta, vaksin Penyakit Mulut dan Kuku merek Aftopor dari Prancis diterima dalam kondisi baik.

“Pemerintah hadir dan sangat serius untuk menangani Penyakit Mulut Kuku. Kita harap masyarakat tenang, Pemerintah akan menangani dengan sungguh-sungguh,” ungkapnya kembali menegaskan.

Masih menurut Al Muktabar, untuk Provinsi Banten telah menerima 1.100 dosis dan akan mengajukan kembali 1.100 dosis ke Kementerian Pertanian. Di Provinsi Banten sendiri, sebanyak 2.057 hewan ternak telah terinfeksi PMK.

Terbanyak di wilayah Tangerang, mencapai 843 hewan ternak. “Mayoritas akibat mobilitas ternak menjelang Idul Adha. Untuk tingkat kesembuhan mencapai 36% sampai 42%,” ujar Al Muktabar.

Baca Juga: Keren! Bukan Jadi Bek, Ini Posisi Pratama Arhan di Tokyo Verdy pada Debut Perdana, Jadi Inverted Winger?

Dalam kesempatan itu, Kepala Kantor Pelayanan Utama Bea Cukai Tipe C Soekarno-Hatta Finari Manan mengungkapkan, Pengawalan Ketibaan Vaksin Penyakit Mulut dan Kuku merupakan bentuk sinergitas bersama dalam menangani Penyakit Mulut dan Kuku.

Halaman:

Editor: Adam Adhary Abimanyu

Tags

Artikel Terkait

Terkini