• Minggu, 2 Oktober 2022

Ini Aturan yang Bikin Whatsapp, Google, hingga Instagram Terancam Diblokir Kominfo, Simak Penjelasan Berikut

- Senin, 18 Juli 2022 | 20:10 WIB
Whatsapp, Google, hingga Instagram terancam diblokir Kominfo (Pixabay @AzamKamolov)
Whatsapp, Google, hingga Instagram terancam diblokir Kominfo (Pixabay @AzamKamolov)

NEWSmedia – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menetapkan tenggat waktu pendaftaran Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) hingga 20 Juli 2022.

Oleh sebab itu, layanan PSE seperti Google dan layanan Meta seperti WhatsApp dan Instagram, termasuk Twitter yang tidak melakukan pendaftaran terancam diblokir.

Berdasarkan pantauan NEWSmedia pada Senin, 18 Juli 2022, beberapa PSE asing tersebut belum melakukan pendaftaran, sehingga ada kemungkinan layanan mereka akan diputus aksesnya.

Baca Juga: 5 Aplikasi Pengganti WhatsApp Jika Diblokir Kominfo, ada Telegram Hingga Viber

 Menurut Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemkominfo Semuel Abrijani Pangerapan, pendaftaran PSE dilakukan sepenuhnya untuk melindungi masyarakat Indonesia.

"Apabila tidak terdaftar dan ada masalah, bagaimana bisa melindungi para konsumen yang menggunakan layanan tersebut," ujarnya.

Di samping itu, menurut Semuel, PSE asing dan lokal sama-sama diwajibkan mendaftar dan menjalankan persyaratan operasional yang sama agar tercipta kondisi level playing field.

"Untuk pelaku industri, agar tercipta level playing field, digunakan persyaratan yang sama. Bagaimana memberikan keuntungan bagi masyarakat (jika ada website yang) meniru branding-nya, bisa melakukan klarifikasi," jelas Semuel.

Baca Juga: Google, WhatsApp, Instagram dan Facebook Bakal Diblokir pada 20 Juli 2022, Jika Tak Segera Melakukan ini

Dengan demikian, apabila setelah tanggal tersebut PSE belum terdaftar.

Halaman:

Editor: Ahmad Hipni

Tags

Artikel Terkait

Terkini