• Minggu, 2 Oktober 2022

Makam Syekh Ki Buyut Jenggot di Kota Tangerang Terancam Digusur Developer, Ulama dan Aktivis Mengadang

- Senin, 25 Juli 2022 | 10:32 WIB
Tim Advokasi Situs Cagar Budaya Syekh Ki Buyut Jenggot.
Tim Advokasi Situs Cagar Budaya Syekh Ki Buyut Jenggot.

NEWSmedia -- Ulama hingga aktivis di Kota Tangerang dan Provinsi Banten mempersoalkan adanya rencana pembongkaran dan pemindahan Makam Syekh Ki Buyut Jenggot (Tubagus Rajasuta) di Kelurahan Panunggangan Barat, Kota Tangerang.

 

Menurut Koordiantot Advokasi Situs Cagar Budaya Syekh Ki Buyut Jenggot, Tubagus Saptani, belakangan ini makam Syekh Ki Buyut Jenggot tersebut terimbas pembangunan perumahan yang dilakukan PT. Villa Permata Cibodas.

Berdasarkan pemantauan di lokasi makam yang beralamat di Kampung Sukasari, Rt 02/08, Kelurahan Panunggangan Barat, Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang itu, kini terdapat puluhan alat berat yang kapan saja bisa digunakan untuk pembongkaran makam.

Baca Juga: Kisah Bonge Sang Pelopor Citayam Fashion Week, Anak Bojong Gede Pengamen Sukses jadi Content Creator TikTok

"Kami bersama para ulama, aktivis, dan masyarakat setempat meminta supaya pihgak pengembang ini jangan hanya mementingkan pembangunan. Namun harusnya turut serta menjaga, merawat, dan melestarikan lokasi makam tersebut," kata Saptani.

Diketahui, Syekh Ki Buyut Jenggot merupakan Tokoh Perjuangan Islam di Banten dan makamnya sudah berusia ratusan tahun sehingga menjadi warisan situs bersejarah bagi Kota Tangerang.

Para aktivis didukung juga para ulama se Kota Tangerang pun mulai melakukan tindakan administratif untuk mendorong pihak berwenang turut serta menjaga, merawat, dan melestarikan makam tersebut hingga dapat dijadikan Situs Cagar Budaya.

Bahkan, Saptani menegaskan, seharusnya pihak pengembang ini mengalokasikan khusus lahan makam sebagai bagian dari fasilitas sosial (fasos) dan fasilitas umum (fasum), serta tidak merubah apapun yang ada di dalam makam.

Baca Juga: Sanusi: SUN Dorong Pelaku UMKM Miliki NIB, di Kota Tangerang Sudah 2.800 UMKM Dibantu Dapatkan NIB

Halaman:

Editor: Rapih Herdiansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

ICMI Banten Ajak Kawal Pemilu 2024 Agar Jurdil

Jumat, 30 September 2022 | 07:44 WIB