• Senin, 26 September 2022

Rentetan Peristiwa Bersejarah di Bulan Muharram, ada Kisah Nabi Adam, Nabi Ayyub Hingga Nabi Musa dan Firaun

- Sabtu, 30 Juli 2022 | 13:36 WIB
Kegiatan sosial yang dilakukan warga di Kota Serang, Provinsi Banten dalam perayaan Tahun Baru Islam 1444 H di bulan Muharram.
Kegiatan sosial yang dilakukan warga di Kota Serang, Provinsi Banten dalam perayaan Tahun Baru Islam 1444 H di bulan Muharram.
 

NEWSmedia - Bulan Muharram sebagai awal Tahun Baru Islam yang setiap tahun diperingati dengan semarak oleh umat Islam di dunia.

Dalam Islam, bulan Muharam termasuk salah satu bulan yang di dalamnya terdapat berbagai kemuliaan karena terdapat rentetan peristiwa bersejarah yang di dalamnya ada kisah nabi.

Peristiwa bersejarah di bulan Muharram yang telah banyak diketahui yakni hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah.

Baca Juga: 20 Link Twibbon Kreatif Tahun Baru Islam 2022 atau 1 Muharram 1444 Hijriyah, yang Cocok Kamu Upload di Sosial

Akan tetapi selain itu, ada juga kisah kisah nabi lainnya yang menjadi peristiwa bersejarah di bulan Muharram, sebagaimana yang disampaikan dalam Alquran. Allah swt berfirman dalam surat At-Taubah [9]: 36

اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ

Artinya; "Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu, dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa".

Atas dasar itulah bulan Muharram menjadi salah satu bulan yang penting dalam Islam.

Baca Juga: Wakil Bupati Bandung Sahrul Gunawan Blak-blakan Akui Menaruh Hati kepada Ayu Ting Ting, Serius?

Dalam kalender Hijriah, bulan Muharam merupakan bulan pembuka. Bulan ini juga termasuk dalam kategori al-asyhur al-hurum (bulan-bulan yang dimuliakan oleh Allah), sebagaimana tercantum dalam ayat di atas.

Halaman:

Editor: Rapih Herdiansyah

Sumber: Tafsiralquran.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini