• Selasa, 16 Agustus 2022

Pj Gubernur Banten Almuktabar Tegaskan Penanganan Stunting dan Gizi Buruk Dilakukan Secara Komprehensif

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 05:31 WIB
Pj Gubernur Banten Almuktabar usai Rapat Kerja Percepatan Penurunan Stunting  bersama Wakil Presiden RI Maruf Amin di Istana. (Foto: Biro Adpim Setda Pemprov Banten)
Pj Gubernur Banten Almuktabar usai Rapat Kerja Percepatan Penurunan Stunting bersama Wakil Presiden RI Maruf Amin di Istana. (Foto: Biro Adpim Setda Pemprov Banten)

NEWSmedia - Pemprov Banten dalam menekan angka stunting terus dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya dengan melibatkan semua elemen perangkat pemerintahan, baik tingkat provinsi hingga tingkat desa.

Pj Gubernur Banten Almuktabar mengatakan Provinsi Banten mengambil langkah-langkah yang fokus untuk menurunkan angka stunting. Melibatkan para pemangku kepentingan dengan pendekatan program yang ada.

"Fokus dilakukan dengan mengontrol semua agenda kerja pembiayaan baik itu APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah) Provinsi Banten maupun APBD Kabupaten/ Kota," ungkap Almuktabar.

Baca Juga: Maksimalkan Potensi Anak, Mahasiswa Kukerta UIN SMH Banten Gelar Perlombaan Muharam di Lebak

Almuktabar menyampaikan hal itu, usai dirinya mengikuti Rapat Kerja Percepatan Penurunan Stunting  bersama Wakil Presiden RI Maruf Amin untuk 12 Provinsi Prioritas di Istana Wakil Presiden Republik Indonesia Jl. Medan Merdeka Selatan No. 6 Jakarta Pusat, Kamis 4 Agustus 2022.

Menurutnya, penanganan dilakukan secara struktur kelembagaan dalam rangka pendekatan penanganan stunting dan gizi buruk. Secara berjenjang dari Kabupaten/Kota, Provinsi.

"Untuk terarah pada penanganan angka stunting dan gizi buruk sesuai dengan program kerja yang ada," tambahnya.

Baca Juga: Targetkan Bebas Campak Rubela di 2023, Provinsi Banten Launching Program Bulan Imunisasi Anak Nasional

"Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi melibatkan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) dan Panglima Daerah Militer (Pangdam) dengan jajaran sampai Babinkamtibnas dan Babinsa di tingkat Desa/Kelurahan. Serta Kejaksaan Tinggi yang memiliki peran besar dalam penurunan stunting," ungkap Almuktabar.

Menurut Almuktabar yang juga menjabat sebagai Ketua Pelaksana Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Provinsi Banten, ada tiga strategi yang dilakukan yaitu Pertama Penangan pendekatan charity atau memberikan bantuan makanan yang kaya akan kandungan gizinya. Sehingga ia bisa tumbuh berkembang dengan baik.

Halaman:

Editor: Adam Adhary Abimanyu

Tags

Artikel Terkait

Terkini