• Minggu, 2 Oktober 2022

Fakta Sejarah: 27 Orang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia Dibentuk 7 Agustus 1945, Difasilitasi Jepang

- Minggu, 7 Agustus 2022 | 15:35 WIB
Soekarno menjadi Presiden pertama Republik Indonesia yang dipilih melalui sidang pertama PPKI pada18 Agustus 2022. (Tangkapan layar chanel YouTube mbn files)
Soekarno menjadi Presiden pertama Republik Indonesia yang dipilih melalui sidang pertama PPKI pada18 Agustus 2022. (Tangkapan layar chanel YouTube mbn files)

NEWSmedia - Hari ini, 7 Agustus 1945 atau 77 tahun yang lalu, Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau PPKI dibentuk.

PPKI dibentuk oleh Jepang bertujuan untuk melanjutkan tugas Badan Panitia Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), yaitu mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.

Dilansir dari berbagai sumber, BPUPKI telah dibubarkan pada 6 Agustus 1945 sehingga tugas untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesian selanjutnya dilakukan oleh PPKI.

Baca Juga: Kumpulan 70 Quotes 17 Agustus Slogan Kemerdekaan Singkat, Kata-kata untuk Hadiah HUT RI ke-77 Dijamin Menarik

Karena yang memfasilitasi persiapan kemerdekaan Indonesia adalah Jepang, maka PPKI dalam bahasa Jepang yaitu Dokuritsu Junbi Inkai.

Jumlah anggota PPKI terdiri dari 27 orang dari yang sebelumnya berjumlah 21 orang. Namun adanya penambahan jumlah ini hasil musyawarah pimpinan PPKI tanpa sepengetahuan Jepang. Karena mengingat PPKI ini milik bangsa Indonesia.

Adapun pimpinan PPKI terdiri dari tiga orang yaitu Ir. Soekarno, Moch. Hatta, dan Radjiman Wedyodiningrat.

Tujuan dibentuknya PPKI, selain untuk mempersiapkan kemerdekaan juga membahas hal-hal praktis lainnya yang berhubungan dengan negara Indonesia. Mulai dari penetapan dasar negara, hingga pembentukan lembaga negara.

Baca Juga: 5 Orang Keturunan Habib yang Memiliki Peran dalam Kemerdekaan Indonesia, Ada Muridnya Mbah Kholil Bangkalan

Setelah dibentuk, PPKI kemudian mengadakan sidang pertama kalinya  pada 18 Agustus 1945.

Halaman:

Editor: Rapih Herdiansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

ICMI Banten Ajak Kawal Pemilu 2024 Agar Jurdil

Jumat, 30 September 2022 | 07:44 WIB