• Minggu, 2 Oktober 2022

Hari Teknologi Nasional Setiap Tanggal 10 Agustus: Cek Fakta di Balik Pesawat N-250 Gatotkaca Karya BJ Habibie

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 18:22 WIB
Pesawat N-250 Gatotkaca (Instagram/ @officialptdi)
Pesawat N-250 Gatotkaca (Instagram/ @officialptdi)

NEWSmedia - Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 71 Tahun 1995 menjadi saksi di mana Hari Kebangkitan Teknologi Naisonal atau yang biasa disebut Hakteknas diperingati sebagai Hari Nasional tepatnya pada tanggal 10 Agustus.

Menurut Kominfo, tujuan diperingati Halteknas tidak lain sebagai salah satu bentuk penghargaan atas keberhasilan anak bangsa Indonesia dalam hal mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK).

Salah satu fakta yang menarik dibalik sejarah peringatan Halteknas adalah penerbangan pesawat N-250 Gatotkaca pertama karya anak bangsa yang dilakukan pada tanggal 10 Agustus 1995 di Bandung.

Baca Juga: Inilah Pelaku Bom Hirosima Nagasaki, Ukuran Bom Atom, Nama Bom Atom, Lengkap dengan Pesawat yang Menjatuhkan

Peristiwa tersebut juga dinilai sebagai tonggak sejarah awal kebangkitan ilmu teknologi di Indonesia, diharapkan dengan peringatan Halteknas ke-27 ini generasi muda dapat terus meningkatkan kemjuan teknologi yang sudah dikembangkan oleh para pendahulu mereka yang hasilnya dapat terus dirasakan oleh generasi berikutnya.

Pemerintah juga sebagai pendukung masyarakan diharuskan tetap terus memberi perhatian maupun pembinaan kepada putra-putri bangsa sehingga dapat terus maju dalam mengembangkan Iptek untuk pembangunan nasional.

Berikut fakta menarik di balik Pesawat N-250 Gatotkaca:

Baca Juga: Simak, Ini Syarat Naik Pesawat Terbaru Maskapai Citilink, Lion Air, dan Garuda Indonesia: Wajib Isi eHac!

1. Penerbangan Perdana Pesawat N-250 Buatan BJ Habibie

Dirintis sejak tahun 1986 pesawat N-250 menjadi produk pesawat perdana yang di produksi Indonesia yang diberi nama dengan sebutan Gatotkaca.

Halaman:

Editor: Ahmad Hipni

Tags

Artikel Terkait

Terkini