• Senin, 26 September 2022

Pakai Cara Kekininan untuk Gaungkan Nilai Nilai Pancasila, BPIP Apresiasi Festival Kebangsaan di Kota Palu

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 09:59 WIB
Jajaran BPIP dan Pemerintah Kota Palu dalam acara puncak Festival Kebangsaan Senin 8 Agustus 2022.
Jajaran BPIP dan Pemerintah Kota Palu dalam acara puncak Festival Kebangsaan Senin 8 Agustus 2022.

NEWSmedia - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) bersama Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Palu bekerjasama dalam membumikan Pancasila.

Upaya membumikan Pancasila yang dilakukan BPIP dan Pemerintah Kota Palu yaitu dengan cara kekinian melalui festival kebangsaan yang juga digelar dalam rangka memperingati bulan Pancasila dan menyemarakkan HUT ke-77 RI.

Rangkaian acara Festival Kebangsaan seperti workshop video musik kebangsaan, bedah karya musik kebangsaan, lomba video pendek dan konten kreatif, lomba paduan suara lagu Indonesia Raya tiga stanza dan mars BNN, parade seni anak bangsa, parade budaya nusantara, launching lagu Palu Adipura, dan launching video musik kebangsaan.

Baca Juga: Persatuan Dukun Laporkan Akun Medsos Pesulap Merah Marcel Radhival: Cek Pasal yang Menjeratnya

Acara Festival Kebangsaan tersebut dilaksanakan sejak 3 Agustus hingga malam puncak yang berlangsung di Taman Gor Palu, Senin 8 Agustus 2022.

Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, DR. Karjono menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya berbagai rangkaian kegiatan-kegiatan tersebut.

“Kami dari BPIP mengapresiasi terkait dengan berbagai aktivitas-aktivitas yang dilakukan dalam rangka semarak bulan Pancasila di Kota Palu ini, kami unsur Pimpinanan BPIP menghaturkan terima kasih, bahwa semangat ini adalah bentuk nyata kita sama-sama untuk menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa kita untuk saling berbagi, menghargai dan saling gotong royong,” tuturnya saat memberikan sambutan pada malam puncak acara sekaligus menutup secara resmi kegiatan Festival Kebangsaan tersebut.

Karjono mengapresiasi adanya kelurahan berdikari yang sudah mengedepankan nilai-nilai pancasila dan semangat gotong royong dalam bermasyarakat.

Selain itu, Ia juga mengapresiasi adanya lomba menyanyikan lagu Indonesia Raya tiga stanza. Ia pun mengingatkan untuk jangan ragu menyanyikan lagu Indonesia Raya tiga stanza karena sudah ada peraturan yang mengaturnya, Ia berharap lagu tersebut senantiasa dapat dinyanyikan dengan benar dan dihayati bersama.

Senada dengan itu, Sekretaris Utama BPIP, Adhianti,  juga menyampaikan apresiasi atas berbagai rangkaian acara yang diselenggarakan Pemerintah Kota Palu. Contohnya Ia juga merasa takjub dengan semangat anak-anak Sekolah Dasar dalam mengikuti lomba paduan suara menyanyikan lagu Indonesia Raya tiga stanza. Hal itu disebutkan Adhianti sebagai salah satu cara membangun jiwa nasionalisme sejak dini.

Halaman:

Editor: Rapih Herdiansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini