• Selasa, 6 Desember 2022

Ribuan Ikan Mati di Sungai Oder Perbatasan Polandia dan Jerman, Warga Dilarang Beraktivitas di Sekitar TKP

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 08:05 WIB
Ribuan ikan mati di Sungai Oder, perbatasan Polandia dan Jerman (Reuters/Annegret Hilse)
Ribuan ikan mati di Sungai Oder, perbatasan Polandia dan Jerman (Reuters/Annegret Hilse)

NEWSmedia - Sungai Oder yang berada di perbatasan antara Polandia dan Jerman mengalami kejadian yang misterius.

Pasalnya, di Sungai Oder tersebut terlihat ribuan ikan mengambang muncul ke permukaan air dalam kondisi yang sudah mati.

Pejabat setempat memperingatkan kepada wargannya untuk saat ini agar tidak melakukan aktivitas apapun di air Sungai Oder.

Baca Juga: Apa Itu Ikan Arapaima? Ikan Raksasa yang Viral Setelah Ditemukan Warga Pasca Banjir Bandang Garut

"Ikan mati mengalir di Sungai Oder selama dua minggu terakhir dan orang-orang belum diberitahu tentang hal itu, saya telah melihat puluhan orang mandi di sungai satu setengah minggu yang lalu, dan mereka tidak menyadari bahayanya," kata Ewa Drewniak seorang ahli biologi, dikutip NEWSmedia dari Reuters pada hari Kamis, 11 Agustus 2022

Akibat dari banyaknya ikan mati, otoritas lingkungkan mengakatan kepada pihak jaksa terkait potensi kontaminasi yang berada si Sungai Oder sebagai salah satu sungai terpanjang kedua di negara itu.

Saat ini pihak pemerintah Polandia sedang melakukan investigasi terhadap kejadian tersebut yang kemungkinan penyebab ribuan ikan mati terjadi akibat kontaminasi air.

Baca Juga: Kisah Pak Tino, Rutin Memancing Ikan Gabus Hanya untuk Diberikan ke Pasien yang Baru Operasi Bedah

Setidaknya diperkirakan ikan yang mati berkisar 10 ton yang berada di sepanjang 200 kilometer di wilayah bagian utara Olawa barat daya Polandia.

Menurut Kepala State Water Holding, Przemyslaw Daca pada hari Kamis, 11 Agustus 2022 menyebutkan kejadian tersebut sebagai bencana ekologis terbesar.

Halaman:

Editor: Ahmad Hipni

Tags

Artikel Terkait

Terkini