• Sabtu, 1 Oktober 2022

Gus Dur, Mantan Presiden RI yang Memiliki Kemampuan Mengungkap Makam Para Waliyullah, Simak Ulasan Berikut

- Sabtu, 13 Agustus 2022 | 14:53 WIB
Presiden RI keempat, Gus Dur (Instagram/ jaringangusdurian)
Presiden RI keempat, Gus Dur (Instagram/ jaringangusdurian)

NEWSmedia - Abdurrahman Wahid atau yang sering disapa Gus Dur adalah Presiden Indonesia yang keempat dari tahun 1999-2002.

Gus Dur yang tidak lain adalah cucu dari pendiri Nahdlatul Ulama, KH Hasyim Asy'ari ini semasa hidupnya ternyata sering mengungkap sejumlah makam orang soleh atau makam para waliyullah.

Entah sudah berapa makam waliyullah yang telah Gus Dur ungkap, bvahkan makam yang Gus Dur ungkap kemudian diketahui masyarakat dan sampai diperbaiki serta dijaga.

Baca Juga: Profil dan Biodata Lily Wahid, Adik Kandung Presiden Gus Dur yang Meninggal di RSCM Jakarta

Tidak hanya itu, apa yang sudah diungkap Gus Dur, di berbagai daerah, di kemudian hari justru membuat daerah tempat makam itu semakin ramai dengan berdatangannya para penziarah.

Maka tidak salah jika sejumlah pakar menyebut Gusdur sebagai sarjana kuburan. Bahkan ada yang menyebut Gusdur sebagai arkeolog kuburan.

Sejumlah makam yang pernah ditemukan Gus Dur di antaranya Syekh Jumadil Kubro yang terletak di Trowulan, Mojokerto.

Baca Juga: Mau Menghidupkan Gus Dur, Ketua PBNU Terpilih Gus Yahya: Kalau Gak Ketemu Gus Dur Mungkin Saya Sudah Ikut FPI

Kemudian makam Joko Tingkir di Lamongan, makam Gajah Mada dan makam Raden Wijaya di Bengkulu serta masih banyak lagi yang lainnya.

Sebutan atau julukan Gus Dur sebagai arkeolog kuburan tidaklah aneh. Karena memang Gusdur kemudian dikenal senang mendatangi makam para waliyullah.

Halaman:

Editor: Ahmad Hipni

Tags

Artikel Terkait

Terkini

ICMI Banten Ajak Kawal Pemilu 2024 Agar Jurdil

Jumat, 30 September 2022 | 07:44 WIB