• Sabtu, 1 Oktober 2022

Koalisi Gerindra PKB Sepakati 5 Poin Kerjasama Pemilu 2024, Pasangan Prabowo Cak Imin Maju di Pilpres 2024?

- Minggu, 14 Agustus 2022 | 23:06 WIB
Sufmi Dasco Ahmad dan Jazilul Fawaid ketika sedang membacakan poin piagam kerjasama antara Partai Gerindra dan PKB. (Sumber foto: tangkapan layar YouTube Gerindra TV)
Sufmi Dasco Ahmad dan Jazilul Fawaid ketika sedang membacakan poin piagam kerjasama antara Partai Gerindra dan PKB. (Sumber foto: tangkapan layar YouTube Gerindra TV)

NEWSmedia - Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), resmi menjalin kerjasama atau koalisi untuk Pemilu 2024.

Penandatanganan kerjasama koalisi Gerindra PKB tersebut dilakukan dalam acara Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) partai Gerindra, pada Sabtu, 13 Agustus 2022.

Poin-poin kesepakatan koalisi antara PKB dan Gerindra untuk Pemilu 2024 dibacakan secara bergantian oleh Jazilul Fawaid selaku Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP PKB, dan Sufmi Dasco Ahmad, selaku Ketua Harian DPP Partai Gerindra.

Baca Juga: Diputuskan Jadi Calon Presiden 2024 dari Partai Gerindra, Prabowo Subianto: Dengan Mengucap Bismillah

Adapun isi kesepakatan koalisi yang disebut piagam deklarasi koalisi Partai Gerindra dan PKB meliputi 5 poin kerjasama, yaitu:

1. Dalam rangka mewujudkan pembangunan nasional yang berkelanjutan dan berkesinambungan Partai Gerindra dan PKB bekerja sama dalam pemilu serentak tahun 2024.

2. Kerjasama Partai Gerindra dan PKB didasarkan pada visi bersama agar terjadi percepatan pembangunan untuk Indonesia secara berdaulat, adil, makmur, sejahtera, dan aktif mendorong terciptanya perdamaian dunia.

3. Kerja sama Partai Gerindra dan PKB dilatarbelakangi keinginan menyatukan dua kekuatan besar di Indonesia yakni nasionalis dan religius untuk menghindari polarisasi masyarakat pada Pemilu tahun 2024 dan dapat membuka koalisi dengan partai politik lain atas persetujuan kedua belah pihak.

Baca Juga: Jawaban Ridwan Kamil atas Kritikan Dianggap Pencitraan di Citayam Fashion Week untuk Kepentingan Pilpres 2024

4. Calon presiden dan calon wakil presiden yang akan diusung oleh kerjasama politik Partai Gerindra dan PKB akan ditentukan secara bersama-sama oleh Ketua Dewan Pembina/ Ketua Umum Partai Gerindra H. Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB H. Abdul Muhaimin Iskandar.

Halaman:

Editor: Rapih Herdiansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

ICMI Banten Ajak Kawal Pemilu 2024 Agar Jurdil

Jumat, 30 September 2022 | 07:44 WIB