• Sabtu, 10 Desember 2022

Soal Pengutil Cokelat Alfamart yang Viral, Begini Tanggapan Menohok Pendiri Rumah Pancasila Yosep Parera

- Selasa, 16 Agustus 2022 | 13:05 WIB
Pendiri Rumah Pancasila Yosep Parera berikan tanggapan menohok pada kasus Pengutil Cokelat Alfamart (Foto: Tangkap Layae Instagram.com/@lawfirmyosepparera)
Pendiri Rumah Pancasila Yosep Parera berikan tanggapan menohok pada kasus Pengutil Cokelat Alfamart (Foto: Tangkap Layae Instagram.com/@lawfirmyosepparera)

NEWSmedia - Media sosial diramaikan dengan viralnya video seorang ibu yang diketahui bernama Mariana Ahong, sang pengutil cokelat Alfamart. Kasus ini pun viral.

Lucunya, si Pengutil Cokelat Alfamart bersama pengacaranya mengancam Staff Alfamart jika tidak meminta maaf maka akan dituntut UU ITE pasal 27 ayat 3.

Mendapati itu, Pendiri Rumah Pancasila Yosep Parera angkat bicara, secara tegas dirinya meminta Mariana Ahong agar diproses hukum.

Baca Juga: Hari Ini 77 Tahun Lalu, Soekarno Hatta Diculik ke Rengasdengklok Sebelum Hari Kemerdekaan RI, Simak Kisahnya

Staff Alfamart tersebut tidak dapat dituntut dengan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) pasal 27 ayat 3 karena sudah ada MoU.

MoU antara menteri Informatika dan Komunikasi dengan Jaksa Agung dan Kapolri yang menjelaskan bahwa setiap konten atau video berisi tentang sebuah fakta tidak dapat diterapkan pasal 27 ayat 3 UU ITE tentang pencemaran nama baik.

Menurutnya tindakan yang dilakukan Staff Alfamart adalah benar. Mariana terbukti mengambil cokelat dan tidak membayar lalu langsung menaiki mobil mewahnya.

Mariana tidak dapat menuntut, bahkan dirinya lah yang pantas dilaporkan oleh Staff Alfamart dengan pasal perbuatan tidak menyenangkan.

Baca Juga: Pendaftaran Partai Politik Pemilu 2024 Resmi Ditutup, Berikut Ini 40 Daftar Parpol yang telah Mendaftar

Pasal 335 ayat 1 KUHP dengan ancaman satu tahun penjara lantaran melakukan pengancaman Staff Alfamart untuk meminta maaf kepada ruang publik.

Halaman:

Editor: Adam Adhary Abimanyu

Tags

Artikel Terkait

Terkini