• Minggu, 2 Oktober 2022

Festival Pulau Tunda 2022 di HUT ke 77 Kemerdekaan RI, Kibarkan Sang Saka Merah Putih dari Bawah Laut

- Rabu, 17 Agustus 2022 | 18:56 WIB
Festival Pulau Tunda 2022 dengan pengibaran bendera merah putih di dasar laut
Festival Pulau Tunda 2022 dengan pengibaran bendera merah putih di dasar laut

NEWSMedia - Bertepatan dengan perayaan HUT ke 77 Kemerdekaan RI, Komunitas Selam Pitrodive yang didukung oleh berbagai instansi, lembaga, organisasi, dan komunitas lainnya menyelenggarakan event yang bertajuk Festival Pulau Tunda 2022.

Diketahui, Pulau Tunda merupakan salah satu pulau di Utara Banten yang dicalonkan menjadi Kawasan Konservasi Perairan Daerah (KKPD) Provinsi Banten.

“Jika tahun lalu hanya 80 orang, di tahun kedua event ini telah mendatangkan 147 orang partisipan," kata Ketua Komunitas Selam Pitrovide melalui keterangan tertulisnya, Rabu 17 Agustus 2022.

Baca Juga: Ini Lirik Lagu Ojo Dibandingke yang Dinyanyikan Farel Prayayoga Dihadapan Presiden Jokowi saat HUT ke 77 RI

Festival Pulau Tunda 2022 digelar untuk meningkatkan ekonomi masyarakat Pulau Tunda yang terdampak pandemi Covid-19 yang kini masih tersendat.

"Bayangkan kalau setiap orang keluarkan kocek minimal Rp100 ribu maka sudah berapa rupiah yang berputar masuk Pulau Tunda dan hari ini sudah pasti lebih dari itu”, ucap Bang Pitro.

Pembukaan Festival Pulau Tunda 2022 dilakukan secara simbolis dengan pemotongan pita di Gapura Selamat Datang Pulau Tunda oleh Mayjen TNI Pujo Widodo, didampingi Komandan Pangkalan TNI-AL Banten, Letkol Laut (P) Dedi Komarudin, Kepala Kantor SAR Banten, Adil Triyanto.

Baca Juga: Biodata Farel Prayoga, Penyanyi Cilik yang Nyanyi Lagu Ojo Dibandingke di Istana Negara pada 17 Agustus 2022

Turut hadir dalam kegiatan tersebut rombongan dari Universitas Pertahanan RI, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Banten, Pangkalan PSDKP Jakarta, BBKIPMHP Jakarta I, LPSPL Serang, Satpolair Polres Serang Kota, Koramil 0602-02 Kasemen, dan PT Biro Klasifikasi Indonesia.

Rangkaian acara Festival Pulau Tunda 2022 terdiri dari kegiatan transplantasi karang atas kerjasama Universitas Pertahanan RI, PT Biro Klasifikasi Indonesia dan Yayasan Konservasi Alam Bawah Laut.

Halaman:

Editor: Ahmad Hipni

Tags

Artikel Terkait

Terkini

ICMI Banten Ajak Kawal Pemilu 2024 Agar Jurdil

Jumat, 30 September 2022 | 07:44 WIB