• Minggu, 2 Oktober 2022

Pj Gubernur Banten Almuktabar: Inflasi Banten Terkendali

- Jumat, 19 Agustus 2022 | 16:15 WIB
PJ Gubernur Banten Almuktabar (tengah) menyatakan Inflasi Banten terkendali. (Foto: Biro Adpim Setda Pemprov Banten )
PJ Gubernur Banten Almuktabar (tengah) menyatakan Inflasi Banten terkendali. (Foto: Biro Adpim Setda Pemprov Banten )

NEWSmedia - Penjabat (Pj) Gubernur Almuktabar mengungkapkan angka inflasi Provinsi Banten terkendali di angka 3,8 persen, masih di bawah Nasional yang mencapai 4,9 persen.

Pemprov Banten dengan berbagai agenda program, koordinasi antar daerah termasuk penggunaan produk lokal, berupaya mengendalikan angka inflasi.

“Kita di atas sedikit dari rata-rata inflasi di Pulau Jawa. Di Provinsi Banten ada Bandara Sokearno-Hatta, pergerakan harga avtur untuk dunia penerbangan menjadi salah satu penyumbang angka inflasi Provinsi Banten,” jelas Al Muktabar, usai mengikuti Rapat Koordinasi Nasional Tim Pengendalian Inflasi di Istana Negara Jakarta yang dipimpin Presiden RI Joko Widodo secara virtual dari Pendopo Gubernur Banten Kp3b Curug, Kota Serang, Kamis 18 Agustus 2022.

Baca Juga: Sosok Delta Hesti Istri Tom Liwafa jadi Sorotan, Crazy Rich Surabaya Terseret Kasus Judi Online Ferdy Sambo?

Dikatakan, inflasi harus dipahami sebagai bagian dari dinamika perekonomian. Sehingga angka inflasi yang terlalu rendah atau terlalu tinggi tidak bagus terhadap aktivitas perekonomian. “Kita akan kendalikan dengan berbagai agenda dan koordinasi antar daerah untuk komoditas tertentu. Pemprov Banten melakukan berbagai koordinasi dengan Pemerintah Daerah lain untuk mengendalikan inflasi,” tambahnya.

Terhadap peran Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) turut memacu pertumbuhan ekonomi daerah, lanjutnya, saat ini serapan belanja APBD Pemprov Banten mendekati 52 persen. Kebijakan belanja 40 persen untuk produk lokal dalam negeri juga berjalan.

“Berdasarkan review BPKP, kita masih berjalan sesuai agenda pembelanjaan produk dalam negeri. Kita juga ada katalog lokal dan aplikasi Plaza Banten yang berbasis UMKM untuk kita dorong terus,” ujar Almukatabar.

Baca Juga: Racun Elsa Menyebar ke Papa Surya dan Mama Sarah, Berikut Sinopsis Ikatan Cinta 19 Agustus 2022 Full Episode

Almuktabar juga mengimbau para pelaku UMKM di Provinsi Banten untuk melengkapi administrasi dan membuka toko online di Plaza Banten untuk menjangkau pasar di daerah lain.

Presiden Joko Widodo dalam arahannya mengungkapkan saat ini Indonesia dalam situasi yang tidak mudah. Dunia menghadapi situasi yang sangat sulit, mulai dari pandemi Covid-19 yang belum pulih, perang di Ukraina, krisis pangan global, dan krisis energi. “Kita tidak boleh kerja standar, kerja rutinitas. Harus melihat makro dan mikro. Harus detail melihat angka-angka,” ungkap Presiden Jokowi.

Halaman:

Editor: Adam Adhary Abimanyu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

ICMI Banten Ajak Kawal Pemilu 2024 Agar Jurdil

Jumat, 30 September 2022 | 07:44 WIB