• Senin, 26 September 2022

Hadiah HUT ke 77 Kemerdekaan RI, PLN Berikan Program Bantuan Pasang Baru Listrik di Wilayah Banten, Gratis!

- Jumat, 19 Agustus 2022 | 18:28 WIB
 PLN Sambung Pasang Baru Listrik di Wilayah Banten (Humas PLN)
PLN Sambung Pasang Baru Listrik di Wilayah Banten (Humas PLN)

NEWSmedia –  Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui PT PLN (Persero) menyalurkan bantuan dari program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) di Provinsi Banten.

Program ini diperuntukkan bagi rumah tangga tidak mampu yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), berdomisili di daerah Terdepan, Terpencil, Tertinggal (3T) dan/atau memenuhi kriteria sebagai calon penerima BPBL yang divalidasi oleh kepada desa/lurah atau pejabat yang setara.

Program ini mengacu pada Peraturan Menteri ESDM No. 3 Tahun 2022 tentang Bantuan Pasang Baru Listrik Bagi Rumah Tangga Tidak Mampu.

Baca Juga: Berapa Denda Telat Bayar Listrik 2022 yang Diterbitkan PLN? Simak Rincian Daftar Denda Sesuai Batas Daya

Program ini dilaksanakan menggunakan pendanaan APBN tahun 2022 dan akan menyasar 80.000 rumah tangga tidak mampu belum berlistrik di seluruh Indonesia.

Di Provinsi Banten, tercatat sebanyak 2.240 rumah tangga pra sejahtera yang menjadi sasaran penerima bantuan ini.

Inspektur Ketenagalistrikan Madya, Ditjen Ketenagalistrikan KESDM, Wahid Pinto Nugroho, menuturkan dalam program BPBL, pemerintah akan membantu pembiayaan pemasangan instalasi listrik rumah, biaya Sertifikasi Laik Operasi (SLO), Biaya Penyambungan Baru (BP) serta pengisian token listrik perdana.

Baca Juga: Cara Cek dan Bayar Tagihan Listrik Lewat Aplikasi PLN Mobile, Bayar Listrik Bisa dari Rumah!

"Program BPBL ini menggunakan APBN Tahun Anggaran 2022, merupakan bukti negara hadir untuk memberikan akses listrik yang andal, aman dan mampu mendapatkan akses listrik yang bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat," kata Wahid melalui keterangan tertulis yang diterima NEWSmedia pada Jumat, 19 Agustus 2022.

Senada dengan itu, Pelaksana Harian General Manager PLN Unit Induk Distribusi Banten, Ricky Cahya Andrian mengatakan program BPBL ini merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk mensejahterakan rakyat dalam rangka HUT ke 77 Kemerdekaan RI.

Halaman:

Editor: Ahmad Hipni

Tags

Artikel Terkait

Terkini