Menekan Angka Inflasi, TPID Provinsi Banten Gelar Pasar Murah 11 Komoditas Pangan: Dampak Harga BBM Naik?

- Minggu, 4 September 2022 | 12:58 WIB
Suasana Pasar Murah yang digelap TPID atau Tim Pengendali Inflasi Daerah Provinsi Banten.  (Foto: Biro Adpim Pemprov Banten)
Suasana Pasar Murah yang digelap TPID atau Tim Pengendali Inflasi Daerah Provinsi Banten. (Foto: Biro Adpim Pemprov Banten)

NEWSmedia – Inflasi menjadi ancaman serius, setelah mendera berbagai negara. Bagaimana dengan Indonesia, pasca harga BBM Naik. Apakah angka inflasi akan meningkat?

Guna menekan angka inflasi, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Banten menggelar Pasar Murah 11 Komoditas pangan yang berkontribusi terhadap inflasi.

Gelar Pasar murah itu dilakukan untuk stabilitas harga dan pasokan sehingga masyarakat dapat mengakses pangan dengan harga yang lebih murah, kualitas terjamin dan mudah didapat.

Baca Juga: Alasan Al Ghazali Ultah Tanpa Pacar, Benarkah Resmi Jomblo dan Gagal Nikah Sesuai Target di Usia 25 Tahun?

Kegiatan Gelar Pasar Murah merupakan rangkaian acara dari Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) yang dilaksanakan di Alun-alun Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, akhir Agustus 2022 lalu.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Provinsi Banten Aan Muawanah mengatakan, produk-produk yang dijual di gelar pasar murah ini merupakan kerjasama antara Petani di Pasar Mitra Tani /Toko Tani Indonesia Center Daerah dengan pelaku usaha lainnya yaitu BUMN (Bulog), BUMD dan UMKM untuk produk produk olahan.

"Dengan kemitraan yang dijalin itu, dapat memutus mata rantai distribusi pangan antara pelaku usaha, produsen, dan konsumen. Sehingga harga yang sampai kepada masyarakat lebih terjangkau dan murah, dengan kualitas yang bagus" katanya.

Ada berbagai jenis bahan kebutuhan pokok yang dijajakan oleh hampir 40 stand UMKM yang berjejer.

Baca Juga: 10 Link Download Gambar Ugly Cake atau Kue Jelek, Segera Buat Konten Viral di Tiktokmu!

Dari mulai cabe merah, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, gula pasir, minyak goreng, beras, telur ayam, daging ayam, sayuran serta berbagai produk lokal unggulan lainnya.

Halaman:

Editor: Adam Adhary Abimanyu

Tags

Artikel Terkait

Terkini