• Senin, 27 September 2021

Bawaslu Luncurkan Aplikasi Sianida Untuk Pilgub Banten

- Jumat, 16 September 2016 | 08:22 WIB
Kantor Bawaslu Provinsi Banten.*
Kantor Bawaslu Provinsi Banten.*

SERANG, [NEWSmedia] – Untuk mendeteksi pemilih ganda pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten 2017, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Banten meluncurkan aplikasi yang berbasis ‘Information Technology’ dengan nama  ‘Sianida’ (Sistem Analsis Pemilih Ganda).

Menurut Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Bawaslu Banten, Eka Satialaksmana, saat peluncuran aplikasi ini di kantor Bawaslu Jl. Kelapa Dua, Kota Serang, mengungkapkan aplikasi tersebut bagian dari alat kerja pengawasan yang digunakan untuk mendeteksi kegandaan dalam daftar pemilih.

Dalam aplikasi ini terdapat beberapa indikator yang dianalisia, diantaranya kegandaan pada NIK, Nama dan tanggal lahir. Selain itu, sistem ini juga dapat menganalisia ganda potensial yang mencakup kesamaan antara tempat lahir, tanggal lahir, jenis kelamin dan alamat.

“Alat kerja berbasis tehnologi ini baru tahun sekarang digunakan oleh pengawas. Biasanya kita menggunakan alat kerja konfensional, namun dari hasil evaluasi kerap ditemukan kegandaan pasca sinkronisasi yang dilakukan oleh KPU. Makanya kita bantu KPU untuk mendeteksi kegandaan lewat aplikasi ini,” ujar Eka.

Eka juga mengungkapkan operasional aplikasi ini akan dilakukan oleh Panwas Kabupaten/Kota.

“Basis pengawasannya terhadap daftar pemilih akan dilakukan per TPS, sehingga akan mudah mendeteksi kegandaannya,” tukasnya.

Ditambahkan Eka, dasar pembuatan aplikasi ini, menyusul banyaknya aduan dari masyarakat terkait banyaknya warga yang kerap menemukan nama ganda dalam daftar pemilih tetap, sehingga rawan disalah gunakan oleh pihak-pihak yang memiliki niat buruk terhadap prosres demokrasi di Banten. [Bws/Gun’s/03]

Editor: NEWSmedia

Tags

Terkini

X