• Kamis, 16 September 2021

Kegiatan Bedah Buku 'Si Doel' Terindikasi Kampanye Terselubung

- Sabtu, 14 Januari 2017 | 12:15 WIB
tim advokasi Wahidin Halim-Andika Hazrumy.*
tim advokasi Wahidin Halim-Andika Hazrumy.*

SERANG, [NEWSmedia] - Acara bedah buku 'Si Doel' yang melibatkan Dewan Perpustakaan Banten Heri Hendrayana Haris alias Gol A Gong, dilaporkan ke Bawaslu Provinsi Banten karena terindikasi sebagai acara kampanye terselubung untuk Calon Gubernur Banten Rano Karno.

Ferry Renaldy selaku pelapor menilai, kegiatan tersebut sarat muatan kampanye, lantaran 'Si Doel' dalam buku tersebut menceritakan tentang sosok Rano Karno yang diketahui adalah calon gubernur nomor urut 2 yang berpasangan dengan Embay Mulya Syarief di Pilkada Banten 2017.

"Pada prinsipnya, itu tidak boleh dilakukan, karena 'Si Doel' dalam buku itu tidak lain adalah Rano Karno yang maju sebagai calon Gubernur Banten pada Pilkada Banten 2017," kata Ferry di Kantor Bawaslu Banten, Jumat (13/1/2017).

Ferry yang merupakan Tim Advokasi pasangan Cagub-Cawagub Banten nomor urut 1, Wahidin Halim-Andika Hazrumy ini mengatakan, sebelumnya, kasus yang sama juga telah dilaporkan ke Bawaslu Banten dan Bawaslu telah memberikan teguran kepada Gol A Gong.

Namun rupanya Gol A Gong tidak mengindahkan teguran tersebut sehingga pengelola komunitas Rumah Dunia itu kembali akan menggelar kegiatan serupa di Kota Serang.

"Sebelumnya di TBM di Pontang, kemudian di Kabupaten Tangerang dan di Rangkasbitung. Minggu (15/1/2017) besok mau di Carefour Kota Serang. Prinsipnya, kami minta kepada Bawaslu untuk mengimbau Gol A Gong agar tidak melanjutkan kegiatan tersebut, karena kalau kegiatan tersebut terus dilakukan, Bawaslu punya kewenangan untuk membubarkan kegiatan tersebut," katanya.

Ia mengungkapkan, dalam Peraturan KPU Nomor 12 tahun 2016 pasal 11 dan 12 menyebutkan, kegiatan yang dilaksanakan oleh tim sukses atau partai politik atau gabungan partai politik atau pasangan calon bisa dilakukan oleh organisasi lain atau pihak lain dengan syarat harus terdaftar di KPU Provinsi Banten.

"Akan tetapi, nyatanya sampai detik ini, tidak ada satu organisasi pun atau yang mengatasnamakan Gol A Gong yang mendaftar ke KPU," terangnya.

Ferry juga sedang menelusuri dan mencari bukti apakah kegiatan tersebut disupport menggunakan APBD. Sejauh ini, lembaga yang logonya dicantumnya dalam dalam poster kegiatan yakni Gramedia dan Carefour. 

Halaman:

Editor: Muhammad Adi

Tags

Terkini

X