• Minggu, 19 September 2021

Bupati Pandeglang Kewalahan Atasi Banjir Patia

- Kamis, 19 Januari 2017 | 21:00 WIB
Bupati Pandeglang Irna Narulita saat meninjau lokasi banjir di Desa Idaman, Kecamatan Patia, Kamis (19/1/2017).*
Bupati Pandeglang Irna Narulita saat meninjau lokasi banjir di Desa Idaman, Kecamatan Patia, Kamis (19/1/2017).*

PANDEGLANG, [NEWSmedia] - Bupati Pandeglang Irna Narulita merasa kewalahan mengatasi banjir yang melanda di Kecamatan Patia. Meski sudah dibuat tanggul untuk menahan luapan Sungai Cilemer, setiap hujan wilayah ini selalu dilanda banjir.

"Saya ikut prihatin dengan kondisi yang dialami warga (Patia), meski pemerintah sudah melakukan pembangunan tanggul, ternyata belum juga bisa mengatasi masalah banjir," kata Irna, di Desa Idaman, Kecamatan Patia, Kamis (19/1/2017).

Irna bersama sejumlah pejabat Pemerintah Kabupaten Pandeglang langsung meninjau lokasi banjir di Kecamatan Patia setelah mendapat laporan bahwa daerah ini dilanda banjir sejak Rabu (18/1/2017) malam.

Di wilayah Kecamatan Patia ini, ada sekitar 1.236 rumah warga yang terendam banjir dengan ketinggian air rata-rata mencapai 1 meter.

Irna mengatakan, apabila pembanguann tanggul tidak memecahkan masalah banjir, sambil mencari solusi, sementara pemerintah akan merelokasi warga yang menjadi korban banjir paling parah yakni di Desa Idaman.

"Saya akan bujuk warga untuk mau direlokasi ke pengungsian. BPBD dan Pemda sedang membuat tenda pengungsian, termasuk bantuan obat-obatan untuk warga,” ujarnya.

Berita terkait: Di Pandeglang, Lebih Dari 1.200 Rumah Warga Terendam Banjir

Banjir yang melanda enam kecamatan di Kabupaten Pandeglang sejak kemarin malam, membuat warga terisolasi. Warga umumnya masih bertahan di rumah sambil menyelamatkan harta benda, karena tempat pengungsian belum tersedia.

Selain merusak infrastruktur dan rumah warga, banjir di Kecamatan Patia juga merusak ratusan hektare sawah yang sebentar lagi mendekati musim panen. [firman]

Halaman:

Editor: Mulyadi

Tags

Terkini

X