• Kamis, 16 September 2021

Terkait Lambang 'Palu Arit', Imam Besar FPI, Habib Rizieq Jalani Pemeriksaan di Polda Metro Jaya

- Senin, 23 Januari 2017 | 14:00 WIB
Habib Riziq saat akan menjalani pemeriksaan di Ditreskrimum POlda Metro jaya.*
Habib Riziq saat akan menjalani pemeriksaan di Ditreskrimum POlda Metro jaya.*

JAKARTA, [NEWSmedia] - Imam Besar FPI Habib Rizieq Syihab datang ke Polda Metro Jaya untuk menjalani pemeriksaan terkait ceramahnya beberapa waktu yang lalu mengenai gambar palu arit di dalam uang cetakkan Bank Indonesia. Rizieq tiba di Direktorat Kriminal Khusus (Ditkrimsus) Polda Metro Jaya, sekitar pukul 10.50 WIB. Dengan menggunakan mobil Mitsubishi Pajero Sport dengan nomor polisi B 1 FPI, didampingi oleh juru bicara FPI, Munarman. 

Sebelum masuk ke ruang pemeriksaan, Habib Riziq sempat kesulitan untuk masuk, dikarenakan puluhan wartawan berusaha ingin mengambil gambar dan mewawancarai Rizieq. Bahkan sempat terjadi kericuhan saat Rizieq tiba dan aksi dorong. Namun tidak berlangsung lama setelah Rizieq diamankan ke ruangan pemeriksaan.

Tak ada sedikitpun komentar dari Habib Rizieq, saat ditanya tentang kesiapannya dalam pemeriksaan nanti, Rizieq hanya mengacungkan jempol dan tersenyum kecil. Namun Rizieq sempat menjawab sedikit beberapa pertanyaan wartawan yang terus mencecar Imam Besar FPI tersebut.

Ia menyatakan ceramahnya soal 'palu-arit' hanya sebagai warning terhadap pemerintah akan adanya indikasi kebangkitan PKI. "Satu kalimat saja, perhatikan semua. Saya memberikan warning kepada bangsa Indonesia tentang adanya indikasi kebangkitan PKI," katanya.

Rizieq mengatakan dirinya juga sudah menyampaikan peringatan tersebut kepada DPR RI, termasuk ke publik. "Tapi kemudian karena warning yang saya berikan tentang indikasi kebangkitan PKI, saya dipanggil, maka itu saya sendiri heran," imbuhnya.

Rizieq belum mau mengomentari soal pemeriksaannya hari ini. "Apa yang mau ditanya, dituduhkan, nanti kita lihat dulu pertanyaannya di dalam, baru saya akan berikan keterangan," ujar dia.

Habib Rizieq diperiksa di Polda Metro Jaya soal ceramahnya terkait dengan logo Bank Indonesia (BI) pada mata uang rupiah baru yang disebutnya mirip palu-arit, yang merupakan lambang komunis. [Red]

Editor: Muhammad Adi

Tags

Terkini

X