• Jumat, 17 September 2021

Buruknya Drainase di Ciledug Tangerang Menjadi Penyebab Banjir 

- Senin, 6 Maret 2017 | 16:40 WIB
drainase yang buruk sebabkan banjir diciledug.*
drainase yang buruk sebabkan banjir diciledug.*

TANGERANG, [NEWSmedia] - Warga Komplek Peruri Kecamatan Ciledug, Tangerang, mengeluhkan kondisi saluran air atau drainase yang mampet atau belum optimal menampung air sehingga menyebabkan banjir.

Imam Suhendi, warga Komplek Peruri mengatakan warga sekitar kerap dilanda banjir yang disebabkan karena saluran air yang tak berfungsi optimal. Pihaknya berharap agar Pemerintah Kota Tangerang segera menindak lanjuti keluhan warga tersebut sebab menganggu aktifitas dan berdampak panjang jika dibiarkan.

Hal senada juga disampaikan oleh Zulkifli, warga Paninggilan yang ingin dibangunkan saluran air di daerah Japos yang berada di perbatasan Kota Tangerang dan Tangerang Selatan.

Dikatakannya, drainase di Japos berbatasan langsung dengan Pondok Jati Tangerang Selatan. Saat hujan lebat, jalan raya pondok jati kerap dilanda banjir.

"Banjir disebabkan dari jalan pondok jati. Kami harap ada komunikasi antara Kota Tangerang dan Tangerang Selatan terkait masalah ini," katanya, Senin (6/3/2017).

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah meminta kepada masyarakat untuk bisa lebih peduli terhadap lingkungannya dengan melakukan kerja bakti membersihkan saluran air. Selain itu, Pemkot Tangerang pun telah berkomunikasi dengan Pemkot Tangerang Selatan agar dibuatkan tandon termasuk mengenai drainase di wilayah Japos.

"Drainase Japos kita baru kemarin komunikasi dengan Bu Airin selaku Wali Kota Tangsel. Saya juga sudah minta ke Bu Airin supaya dibangun Tandon," ujarnya.

Wali Kota juga meminta masyarakat untuk juga berinisiatif dengan membuat biopori atau bioretensi. Karena sekarang banyak tanah kosong yang dibangunin kontrakan dan kos-kosan.

Pembangunan yang tak memperhatikan lingkungan seperti saluran air, kerap menjadi penyebab banjir. "Kecamatan dan Kelurahan juga sudah kami minta lakukan pengawasan dan pengecekan ke lapangan," ujarnya. [okz]

Editor: Muhammad Adi

Tags

Terkini

Cara Mengangganti STNK yang Rusak dan Prosedurnya

Jumat, 17 September 2021 | 06:54 WIB
X