• Jumat, 17 September 2021

Ada Apa Dengan 'Rambu Unik' Nenek Ompong Bergigi Satu?

- Sabtu, 15 Juli 2017 | 16:11 WIB
Petugas memasang banner Nenek ompong bergigi satu di Mojokerto, Sabtu (15/7/2017)
Petugas memasang banner Nenek ompong bergigi satu di Mojokerto, Sabtu (15/7/2017)

MOJOKERTO, [NEWSmedia] - Imbauan pihak kepolisian dalam berlalu lintas yang unik sepertinya lagi tren di sejumlah daerah. Di Mojokerto, di kawasan pegunungan ekstrem di daerah Pacet, Polisi juga memasang 'rambu unik' untuk mencegah kecelakaan akibat rem blong.

Polisi memasang ratusan gambar nenek ompong bergigi satu disetiap jalur tanjakan dan turunan ekstrem. "Demi Keselamatan Selalu Gunakan Gigi 1', demikian bunyi banner berukuran besar di atas foto nenek yang giginya tinggal satu itu.

Kasat Lantas Polres Mojokerto AKP Wikha Ardilestanto mengatakan, pemasangan banner imbauan tersebut sebagai upaya menekan jumlah kecelakan di kawasan yang selama ini menelan puluhan korban luka akibat kecelakaan.

"Di jalur ini sering terjadi kecelakaan akibat rem blong, ada Elf dari gresik 12 orang luka. Kalau yang sepeda motor sudah puluhan kali," kata Wikha, Sabtu (15/7/2017).

Salah satu banner imbauan lucu itu dipasang di jalur turunan curam yang dikenal dengan sebutan 'Kutukan Sendi' dan 'Tikungan Gotean'.

Di lokasi dekat perbatasan Kota Batu tersebut, seringkali terjadi kecelakaan akibat kendaraan hilang kendali karena rem blong.

Hasil analisa, lanjut Wikha, puluhan kecelakaan akibat rem blong itu akibat pengemudi tak memakai persneling gigi satu maupun kampas rem terbakar.

"Kalau tak pakai gigi satu, otomatis di turunan curam hanya mengandalkan kekuatan rem untuk menahan laju kendaraan. Rem kalau diinjak terus dari Cangar sampai Pacet akan terbakar, kecelakaan rem blong akibat kampas rem terbakar," terangnya.

Salah satu solusinya, kata Wikha, para pengguna jalan harus memahami pentingnya memakai gigi satu. Sejak lama, imbauan mengunakan gigi satu banyak terpasang di jalur ini, namun tak dihiraukan.

Halaman:

Editor: Mulyadi

Tags

Terkini

Cara Mengangganti STNK yang Rusak dan Prosedurnya

Jumat, 17 September 2021 | 06:54 WIB
X