• Jumat, 24 September 2021

Relawan Demokrasi Kawal Enam Segmen Pemilih di Pilkada Kota Serang

- Jumat, 6 April 2018 | 17:22 WIB
Komisioner KPU Kota Serang, Moh Hopip setelah melantik Relawan Demokrasi di Kantor KPU Kota Serang, Jumat (6/4/2018).*
Komisioner KPU Kota Serang, Moh Hopip setelah melantik Relawan Demokrasi di Kantor KPU Kota Serang, Jumat (6/4/2018).*

SERANG, [NEWSmedia] - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Serang melantik 12 orang relawan demokrasi untuk pelaksanaan Pilkada Kota Serang 2018 di Kantor KPU Kota Serang, Jumat (6/4/2018).

Komisioner KPU Kota Serang, Moh Hopip mengatakan, dibentuknya relawan demokrasi tersebut bertujuan agar bisa membantu penyelenggara Pemilu mensosialisasikan Pilkada Kota Serang.

"Ini bagian dari ikhtiar KPU untuk meningkatkan partisipasi pemilih, selain KPU juga gencar melakukan sosialisasi ke seluruh lapisan masyarakat di Kota Serang," kata Hopip kepada awak media.

Ia menuturkan, 12 orang tersebut mempunyai tugas untuk melakukan pengawalan di enam segmen pemilih, yaitu segmen keagamaan, segmen pemilih pemula, segmen perempuan, segmen orang-orang yang terpinggirkan atau marginal, segmen disabilitas dan segmwn kaum profesional.

"Satu segmen dipegang oleh dua orang, paling tidak KPU sebagai penyelenggara, kita libatkan masyarkat, supaya mereka merasa dilibatkan, karena peran masyarakat dalam meningkatkan partisipasi pemilih sangat penting," tuturnya.

Selain itu, ia juga menegaskan, relawan demokrasi tersebut mulai bekerja hari ini setelah dikukuhkan oleh KPU sampai menjelang hari pencoblosan pada 17 Juni 2018.

"Bekerja mulai hari ini sampai Juni sebelum pencoblosan, tujuannya untuk mendorong masyarakat datang ke TPS dan mencoblos, dan mereka bekerja lepas dari tim kampanye karena mereka bagian dari penyelenggara Pemilu," pungkasnya. [ahi]

Editor: Mulyadi

Tags

Terkini

X