• Minggu, 19 September 2021

Ratusan Hektare Hutan Mangrove di Pesisir Utara Kabupaten Serang Rusak

- Rabu, 16 Mei 2018 | 18:34 WIB
Pantai pesisir utara di Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang.*
Pantai pesisir utara di Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang.*

SERANG, [NEWSmedia] – Ratusan hektare hutan mangrove di pesisir utara, Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang mengalami kerusakan parah.

Aktifis lingkungan, Dedy Hartadi mengatakan, di wilayah tersebut, terdapat 580 hektare hutan mangrove, namun 300 hektare di antaranya mengalami kerusakan. Akibatnya, sepanjang pesisir Pantai Utara itu mengalami pengikisan hingga 10 kilometer sejak tahun 2000 sampai sekarang.

“Kami berupaya menyelamatkan ekosistem pesisir dari kerusakan lingkungan terutama ancaman abrasi,” kata dia, di Desa Lontar, Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang, Rabu (16/5/2018).

Ia menjelaskan, ada dua faktor penyebab kerusakan hutan tersebut, pertama, terjadi secara alamiah,  ke dua karena terjadinya pertambangan di laut, yang mempercepat rusaknya ekosistem hutan bakau.

“Hutan mangrove ini potensinya sangat besar. Akarnya bisa menangkas timbulnya abrasi. Daunnya bisa menangkap karbondioksida. Hutan bakau ini bisa menjadi tempat hidupnya kepiting, yang memiliki nilai ekonomis,” jelasnya.

Ia juga menegaskan, untuk menjaga hal tersebut bertambah, perlu ada sinergitas dari seluruh pemangku kepentingan, baik dari Pemerintah Pusat, Provinsi Banten dan Pemerintah Kabupaten Serang.

"Masyarakat juga harus sadar terhadap pentingnya hutan mangrove ini," pungkasnya. [CR]

Editor: Mulyadi

Tags

Terkini

3 Tips Menghadapi Musim Penghujan Agar Tidak Mudah Sakit

Minggu, 19 September 2021 | 10:00 WIB
X