• Selasa, 7 Desember 2021

Kawasan Kesultanan Banten 'Disulap' Jadi Madinah

- Selasa, 2 Oktober 2018 | 13:49 WIB
Pimpinan DPRD Banten saat meninjau di Kawasan Kesultanan Banten, Kota Serang, Selasa (2/10/2018).*
Pimpinan DPRD Banten saat meninjau di Kawasan Kesultanan Banten, Kota Serang, Selasa (2/10/2018).*

SERANG, [NEWSmedia] - Pimpinan dan Wakil DPRD Provinsi Banten meninjau proses revitalisasi Kawasan Banten Lama di Kasemen, Kota Serang, Selasa (2/10/2018).

Pada kesempatan itu, Ketua DPRD Provinsi Banten, Asep Rahmatullah didampingi Kepala Dinas Perkumpulan Provinsi Banten, M. Yanuar mengatakan, pihaknya mendatangi tempat bersejarah tersebut untuk melihat perkembangan pembangunan kawasan Kesultanan Banten.

"Kami dari DPRD mensuport dari sisi anggaran yang diwujudkan dengan memberikan suatu kebanggan bagi masyarakat Banten," kata Asep kepada awak media.

Ia menjelaskan, setelah proses revitalisasi itu selesai, pihaknya meyakini, Kawasan Kesultanan Banten akan menjadi ikon Banten, sebab menurutnya, pusat budaya dan peradaban Banten terletak di tempat tersebut.

"Ini akan jadi ikon, karena pusat budaya dan peradaban Banten diawali di sini, sudah seperti Madinah, ini menjadi kebanggan kalau kita ke provinsi lain kita akan menyampaikan bahwa ada destinasi religi di Banten yang sudah difasilitasi dengan modern dengan tidak menghilangkan keaslian dan cagar budaya di Banten lama ini," jelasnya.

Ia juga menegaskan, dirinya selaku legislatif, akan memperkuat dari sisi regulasi terkait dengan pengelolaan kawasan tersebut.

"Kita akan perkuat dari sisi Perda karena pengelolaan ini harus ada semacam badan pengelola karena butuh biaya besar, harus ada badan pengelola sendiri yang akan kerjasama dengan pemangku adat," pungkasnya. [ahi]

Editor: Mulyadi

Tags

Terkini

X