• Sabtu, 4 Desember 2021

Mau Buka Area Instagramable, Pemrov Banten Temukan Benda Cagar Budaya

- Selasa, 2 Oktober 2018 | 17:33 WIB
Benda yang diduga cagar budaya di Depan Situs Kepurbakalaan Banten, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Selasa (2/10/2018).*
Benda yang diduga cagar budaya di Depan Situs Kepurbakalaan Banten, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Selasa (2/10/2018).*

SERANG, [NEWSmedia] - Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Provinsi Banten, M. Yanuar mengaku, pihaknya menemukan benda yang diduga cagar budaya di Kawasan Kesultanan Banten, Kecamatan Kasemen, Kota Serang.

Menurutnya, penemuan benda tersebut diketahui setelah pihaknya akan membuka area yang instagramabel untuk masyarakat di kawasan tersebut.

"Penemuannya di depan situs kepurbakalaan Banten itu, tadinya mau dijadikan area terbuka yang instagramabel untuk masyarakat," kata Yanuar kepada awak media, Selasa (2/10/2018).

Ia menjelaskan, semula, tempat tersebut akan dirapihkan sebagai bentuk revitalisasi Kawasan Kesultanan Banten, namun setelah berkonsultasi dengan Balai Kepurbakalaan, dirinya diminta untuk mengecek tempat tersebut.

"Mereka (Balai Kepurbakalaan-red) punya catatan, coba dicek dulu karena di situ diduga ada benda cagar budaya, dan setelah digali oleh mereka dan ternyata betul ada struktur bangunan yang katanya itu tempat penambatan kapal," jelasnya.

Ia menuturkan, berdasarkan hasil konsultasi dengan Balai Kepurbakalaan, tempat tersebut tidak boleh direnovasi untuk menjaga nilai-nilai budaya yang pernah ada.

"Kata mereka itu jangan ditutup, yaudah akhirnya kita tinggalin, justru itulah yang akan jadi cerita, bahwa ini adalah bekas kapal sama seperti Watu Gilang, tapi kita akan rapihkan biar kelihatan indah dipandang mata," pungkasnya. [ahi]

Editor: Mulyadi

Tags

Terkini

X