• Selasa, 28 September 2021

KPK Lantik Sekjen dan Direktur Penuntutan

- Senin, 16 September 2019 | 11:31 WIB
KPK.*
KPK.*

[NEWSmedia] - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan melantik Sekretaris Jenderal (Sekjen) dan Direktur Penuntutan (Dirut) yang baru.

"Pagi ini pimpinan KPK berencana akan melantik dua pejabat struktural yang akan mengisi posisi sebagai Sekretaris Jenderal KPK dan Direktur Penuntutan," ujar juru bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Senin (16/9/2019).

Febri mengatakan, pengisian jabatan sekjen dan direktur penuntutan telah melalui proses seleksi yang panjang. Febri mengatakan, untuk posisi sekjen selain melalui panitia seleksi, hasilnya juga disampaikan pada Presiden Jokowi untuk dipilih dan hari ini dilantik.

"Sedangkan direktur penuntutan berlaku proses seleksi yang dimulai dari permintaan ke Kejaksaan Agung dan proses seleksi di KPK," kata Febri.

Febri berharap, sekjen dan direktur penuntutan yang baru mampu bersinergi dalam pemberantasan tidak pidana korupsi.

"Dengan pengisian ini kami berharap KPK lebih kuat dalam menjalankan tugas dan amanat UU No. 30 Tahun 2002," kata dia.

Dua Nama Sekjen
Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Laode M Syarif menyerahkan dua nama calon Sekretaris Jenderal (Sekjen) lembaga antirasuah kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Adapun dua nama yang diserahkan itu adalah Cahya Hardianto Harefa dan Wawan Wardiana.

"Pak Cahya Harefa sama Pak Wawan Wardian," ujar Syarif usai bertemu Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (26/8/2019).

Cahya Harefa saat ini menjabat sebagai Direktur Pengaduan Masyarakat KPK. Sementara Wawan Wardiana menjabat sebagai Direktur Penelitian dan Pengembangan atau Litbang KPK.

Halaman:

Editor: Muhammad Adi

Tags

Terkini

X