• Senin, 29 November 2021

Basarnas: Kami Siap Membantu Warga yang Butuh Pertolongan, Gratis!

- Sabtu, 4 Januari 2020 | 08:06 WIB
Foto ilustrasi.*
Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Bencana banjir yang merendam sejumlah wilayah di Jabodetabek membuat banyak warga terjebak di kediaman mereka. Salah satu elemen yang memiliki tanggung jawab dalam melakukan pertolongan terhadap para korban bencana adalah Badan SAR Nasional atau Basarnas.

Menurut Humas Basarnas Joshua Banjarnahor, pelayanan Basarnas terhadap para korban bencana merupakan bentuk pengabdian mereka. Oleh karenanya, pelayanan tersebut tidak dipungut biaya alias gratis.

"Apabila ada oknum yang meminta bayaran harap dilaporkan kepada kami, dan kami pun tidak menerima bayaran dari warga yang sudah kami bantu," kata Joshua.

Ia pun mengimbau, warga yang dalam kondisi bencana atau bahaya agar tidak sungkan untuk meminta bantuan kepada Basarnas.

"Kami berharap masyarakat seluruh Indonesia jangan khawatir dan enggan melaporkan setiap kejadian, baik yang berkaitan dengan kondisi membahayakan manusia, kecelakaan transportasi maupun penanggulangan bencana sehingga respons time dalam penanganan korban semakin cepat," jelas Joshua.

Adapun call center Basarnas yang beroperasi 24 jam ialah 115. Nomor ini bebas pulsa, artinya masyarakat yang memang membutuhkan bantuan tidak akan dikenakan tarif dari operator seluler.

"Akan tetapi masyarakat diharapkan bijaksana dalam penggunaannya," imbau Joshua. [lpt]

Editor: Muhammad Adi

Tags

Terkini

X