• Minggu, 19 September 2021

Penuhi Panggilan KPK, Ketua KPU Pastikan PAW Harun Masiku Tak Diproses

- Selasa, 28 Januari 2020 | 13:09 WIB
Ketua KPU Arief Budiman.*
Ketua KPU Arief Budiman.*

[NEWSmedia] - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman memenuhi panggilan pemeriksaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), pagi ini. Dalam kesempatan itu, Arief memastikan bahwa KPU tidak pernah memproses Pergantian Antar Waktu (PAW) Harun Masiku sebagai Anggota DPR.

"Enggak ada, enggak ada yang terkait. Kan jelas keputusan kita, dalam surat yang kita jawab itu, kan enggak bisa diproses PAW-nya (Harun Masiku)," ujar Arief di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (28/1/2020).

Sedianya, Arief akan diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi terkait kasus dugaan suap penetapan Anggota DPR PAW dari PDIP. Ia akan digali keterangannya untuk melengkapi berkas penyidikan tersangka Saeful (SAE).

Lebih lanjut, Arief juga menjelaskan bahwa KPU saat ini sedang memproses PAW Anggota DPR yang terpilih menjadi menteri. Beberapa diantaranya yakni, PAW Edhie Prabowo dan Yasonna Hamonganan Laoly.

"Oh ada beberapa, karena calon terpilihnya jadi menteri. Nah yg jadi menteri itu kan diajukan PAW. Banyak, ada Edhie Prabowo, Zainuddin Amali, Yasonna Laoly," ucapnya.

Selain Arief, KPK juga memeriksa lima saksi lainnya yakni, Komisioner KPU Viryan Azis; Bagian Legal VIP Money Changer, Carolina; Kabag Umum KPU Yayu Yuliana; Kabiro Tekhnis KPU Nur Syarifah; serta Kasubag Pemungutan, Perhitungan Suara, dan Penetapan Hasil Pemilu KPU, Andi Bagus Makawaru.

Mereka juga akan diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan suap yang menyeret mantan Komisioner KPU, Wahyu Setiawan untuk melengkapi berkas penyidikan tersangka Saeful Bahri (SAE).

Sejauh ini, KPK baru menetapkan empat orang sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait proses Pergantian Antar Waktu (PAW) di DPR RI. Empat tersangka tersebut yakni, mantan Komisioner KPU, Wahyu Setiawan (WSE), mantan Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sekaligus orang kepercayaan Wahyu, Agustiani Tio Fridelina (ATF). [Okz]

Editor: Muhammad Adi

Tags

Terkini

X