• Jumat, 17 September 2021

Kakorlantas: Pelabuhan Merak Sepi Tanda Kesadaran Masyarakat Tinggi

- Senin, 27 April 2020 | 16:18 WIB
Pelabuhan Merak.*
Pelabuhan Merak.*

[NEWSmedia] - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Inspektur Jenderal Polisi Istiono bersama instansi terkait meninjau arus transportasi di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Minggu.

Istiono menyebutkan bahwa aktivitas di Pelabuhan yang menghubungkan Pulau Jawa dan Sumatera itu semakin sepi menandakan kesadaran masyarakat cukup tinggi untuk tidak mudik.

"Saya apresiasi kesadaran masyarakat untuk tidak mudik sangat bagus," kata Istiono melalui keterangan tertulis di Jakarta, Senin (27/4/2020).

Dia mengatakan, selama tiga hari pelaksanaan larangan mudik sejak Jumat lalu, kegiatan di Pelabuhan Merak mengalami penurunan. Selama dua hari larangan mudik, petugas telah memutarbalikkan 350 unit kendaraan kembali ke arah timur.

"Sudah tidak ada pergerakan (orang), hanya kendaraan barang dan logistik," ujar Istiono.

Dia berharap arus lalu lintas maupun pergerakan kendaraan di Pelabuhan Merak terus menurun dari aktivitas di hari pertama penerapan pelarangan mudik.

Dia menegaskan masyarakat adalah ujung tombak pencegahan dan memutus wabah virus corona (Covid-19) yang telah tersebar di 34 provinsi.

"Karena itu pencegahan untuk orang tidak mudik sangat kami harapkan dari masyarakat itu sendiri," tutur Istiono.

Kakorlantas Polri mengatakan, petugas harus menghalau sekitar 24 persen atau kurang lebih satu juta orang dari Pulau Jawa yang ingin mudik ke Sumatera.

Halaman:

Editor: Muhammad Adi

Tags

Terkini

Cara Mengangganti STNK yang Rusak dan Prosedurnya

Jumat, 17 September 2021 | 06:54 WIB
X