• Rabu, 1 Desember 2021

Nadiem Hikmah Pandemi Covid-19: Orang Tua Terlibat dalam Pendidikan Anak

- Jumat, 6 November 2020 | 14:37 WIB
Foto ilustrasi.*
Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menilai, pandemi Covid-19 bukan hanya meninggalkan derita, tapi ada hikmah dibaliknya khususnya bagi dunia pendidikan.

Menurut dia, dengan adanya pandemi Covid-19 ini, kesadaran akan pentingnya orang tua dalam proses pendidikan menjadi hikmah yang luar biasa.

"Salah satu hikmah terbesar adalah betapa pentingnya orang tua terlibat di dalam pendidikan anaknya. Ini hikmah yang luar biasa besarnya," ucap Nadiem seperti dikutip secara daring, Jumat (6/11/2020).

Menurut dia, berkat pandemi Covid-19, dirinya juga harus membaca lusinan buku, guna mendampingi proses pembelajaran anak di rumah.

"Saya membaca begitu banyak panduan bagaimana menjadi guru PAUD, cara mengajar literasi kepada anak saya, mengajarkan kesehatan emosional kepada anak saya. Saya terpaksa membaca berbagai macam buku," ungkap Nadiem.

Tak Hanya Dirinya

Nadiem menuturkan, hal ini tak hanya dilakukan oleh dirinya saja. Banyak orang tua di luar sana melakukan hal serupa.

"Dan menurut saya bukan hanya saya, banyak sekali orang tua yang sekarang jadi tertarik dengan pendidikan anaknya. Karena mereka mulai menyadari bahwa sekolah itu bukan tempat untuk kita outsource pendidikan anak kita," tutur Nadiem.

Bagi Nadiem, sekolah bukanlah tempat utama pendidikan anak. Sekolah hanya sifatnya membantu dan para orang tualah yang mengemban tugas utama dalam pendidikan anak mereka.

Halaman:

Editor: Muhammad Adi

Tags

Terkini

X