• Jumat, 17 September 2021

Mengenal Ghimob, Malware Android yang Tiru Aplikasi Asli

- Senin, 16 November 2020 | 10:13 WIB
Foto ilustrasi.*
Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Perusahaan keamanan siber Kaspersky menemukan menemukan virus trojan baru bernama Ghimob yang meniru aplikasi Android asli untuk memata-matai dan mencuri data pengguna.

Malware yang menyerang Android ini bisa mengambil data pengguna ke berbagai aplikasi Android, terutama di bank dan mata uang kripto.

Menurut Kaspersky, Ghimob bertujuan untuk memanipulasi pengguna dan mengelabui mereka agar memasang aplikasi malware yang akan mengakses sistem telepon.

Virus kemudian akan mencuri data dari pengguna, terutama menargetkan detail perbankan online.

Kaspersky awalnya melaporkan virus tersebut dan memposting detailnya di Malpedia, basis data yang menyortir dan mencantumkan penemuan terkait perkembangan virus tertentu.

Di sini, Kaspersky menjelaskan bahwa malware "Ghimob" ditujukan untuk sistem Android dan meniru lebih dari 153 aplikasi smartphone.

Ghimob adalah virus Trojan yang dibuat oleh grup tertentu yang membuat malware Astaroth Windows, yang bertujuan untuk mencuri informasi yang berkaitan dengan bank dan koneksi keuangan.

"Ciptaan barunya - Trojan perbankan Ghimob - memikat korban untuk menginstal file berbahaya melalui email yang menunjukkan bahwa orang yang menerimanya memiliki semacam hutang," kata Kaspersky.

Email tersebut juga menyertakan link untuk diklik oleh korban sehingga mereka dapat mengetahui informasi lebih lanjut. Setelah Remote Acces Trojan (RAT) dipasang, malware mengirimkan pesan tentang infeksi yang berhasil ke servernya.

Halaman:

Editor: Muhammad Adi

Tags

Terkini

Cara Mengganti STNK yang Rusak dan Prosedurnya

Jumat, 17 September 2021 | 06:54 WIB
X