• Rabu, 26 Januari 2022

Nama Setnov Muncul di Persidangan Kasus Djoko Tjandra

- Selasa, 15 Desember 2020 | 09:17 WIB
Setya Novanto.*
Setya Novanto.*

[NEWSmedia] - Nama mantan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Setya Novanto muncul dalam persidangan kasus penghapusan daftar pencarian orang (DPO) atas nama Djoko Tjandra yang dicatatkan di Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM.

Awalnya Hakim anggota Joko Subagyo menanyakan alasan Djoko Tjandra memilih Tommy Sumardi untuk membantu mengecek status Red Notice di Divisi Hubungan Internasional (Hubinter) Polri dan membersihkan nama buronan/DPO atas nama dirinya yang tercatat di Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM.

Padahal, kata Hakim, Djoko memiliki banyak kenalan di Indonesia seperti satu di antaranya adalah Setya Novanto.

"Kenapa yang saudara pilih pak Tommy Sumardi? Sementara di sini (BAP) kan saudara menyinggung pak Setya Novanto," tanya Hakim dalam persidangan dengan Terdakwa Brigjen Prasetijo, Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (14/12) malam.

Djoko yang merupakan Terpidana kasus korupsi hak tagih (cessie) Bank Bali itu mengatakan menyebut nama Novanto dalam BAP karena sempat mengenalnya pada tahun 1995. Ia menyebut Tommy pernah menjadi karyawan di perusahaan Novanto.

Selain itu, Djoko belakangan mengetahui kalau Tommy juga pernah menjadi karyawannya pada tahun 1998 sebagai Chief Security di perusahaannya di Taman Anggrek, Jakarta Barat.

Ada pun Setya Novanto sendiri sempat menyandang status tersangka dalam kasus korupsi cessie Bank Bali. Hanya saja, ia lolos dari jerat hukum setelah Kejaksaan Agung RI menerbitkan Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3) tanpa alasan yang jelas pada 18 Juni 2003.

"Maksud saya, saya sebut pak Setya Novanto pada tahun 1995. Pak Tommy Sumardi itu sepertinya daripada karyawan pak Setya Novanto. Kenalan saya dari situ," terang Djoko.

Tommy, kata Djoko, juga merupakan besan dari mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak yang notabene merupakan sahabat karibnya.

Halaman:

Editor: Muhammad Adi

Tags

Terkini

Kata OJK Indonesia tentang CFG Football, Ternyata!

Senin, 24 Januari 2022 | 13:53 WIB
X