• Selasa, 5 Juli 2022

Di Kota Serang, Angka Kematian Ibu saat Melahirkan Menurun

- Kamis, 17 Desember 2020 | 15:24 WIB
Wali Kota Serang, Syafrudin.*
Wali Kota Serang, Syafrudin.*

SERANG, [NEWSmedia] - Wali Kota Serang Syafrudin mengungkapkan, angka kematian ibu di tahun 2020 mengalami penurunan jika dibandingkan dengan tahun 2019.

Menurutnya, pada tahun 2019 angka kematian ibu sebanyak 23 orang, namun pada tahun 2020 ini ada penurunan menjadi 17 orang.

“Jadi ini yang menjadi sasaran dari Pemkot Serang untuk bisa menekan angka kematian ibu, bayi dan stunting," kata Syafrudin setelah memperingati Hari Ibu Tahun 2020 di Kantor Diskominfo Kota Serang, Kamis (17/12/2020).

Ia menekankan kepada ibu-ibunyang sedang hamil pada usia 0-9 bulan, agar rutin melakukan pemeriksaan ke puskesmas atau klinik yang ada diwilayahnya. Sehingga, perkembangan anak yang ada di dalam kandungan bisa terpantau.

“Jadi, anak kita keluar dari kandungan itu dalam keadaan sehat. Masyarakat juga dibutuhkan kesadaran untuk memeriksakan diri," jelasnya.

Ditempat sama, Kepala Dinas Kesehatan Kota Serang M Ikbal menyampaikan, untuk faktor kematian bayi itu rata-rata karena bawaan dan gangguan pernafasan saat lahir.

“Itu yang paling banyak persentasenya. Makannya di tahun ini kita hadirkan dokter spesialis yang diturunkan ke Puskesmas-puskesmas untuk melakukan penguatan bidan-bidannya supaya kalau ada gangguan pernafasan itu bisa mengatasi," kata Ikbal.

Sementara Ketua TP PKK Kota Serang Ade Jumaiyah menambahkan, untuk penanganan kematian ibu dan anak, pihaknya melakukan pemantauan dan sosialisasi ke masyarakat.

“Jadi bagaimana caranya penanganan ibu hamil hingga lahir dimasa pandemi Covid-19 ini harus menggunakan penanganan langsung oleh bidan," pungkasnya. [ahi]

Halaman:

Editor: Muhammad Adi

Tags

Terkini