• Selasa, 6 Desember 2022

Catat! Ini Aturan Perjalanan Terbaru di Sejumlah Daerah Wisata Indonesia

- Sabtu, 19 Desember 2020 | 12:37 WIB
Foto ilustrasi.*
Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Jelang liburan akhir tahun, tak sedikit kota besar di Indonesia yang menerapkan aturan perjalanan dengan mewajibkan traveler tes PCR atau Rapid test antigen. Berikut beberapa di antaranya.

Mengikuti imbauan dari Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang juga merangkap Wakil Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, tak sedikit kepala daerah yang menerapkan aturan perjalanan baru jelang libur akhir tahun ini.

Diketahui, pengetatan itu berfungsi untuk meminimalisir penyebaran Corona pada masa libur natal dan tahun baru 2020. Dihimpun detikTravel, Jumat (18/12/2020), berikut aturan perjalanan beberapa daerah yang telah menerapkan kebijakan terkait.

1. Jakarta

Per hari Jumat ini (18/12), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Anies merilis Seruan Gubernur Nomor 17 Tahun 2020 dan Instruksi Gubernur Nomor 64 Tahun 2020 tentang Pengendalian Kegiatan Masyarakat dalam Pencegahan COVID-19 pada Masa Libur Hari Raya Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. Sergub dan ingub ini terbit pada 16 Desember 2020.

Di dalamnya, khusus untuk penyelenggaraan perkantoran Anies menyerukan agar perusahaan menerapkan kegiatan operasional maksimal pukul 19.00 WIB dengan kapasitas maksimal 50%, sisanya WFH. Sementara itu, pegawai Pemprov DKI diminta tidak ke luar kota dan menunda cuti Natal dan tahun baru.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo membeberkan terkait aturan wajib keluar-masuk Jakarta untuk menyertakan rapid test antigen. Aturan ini akan mulai berlaku pada 18 Desember-8 Januari 2020 untuk calon penumpang yang akan menaiki angkutan udara, laut, dan bus.

Syafrin menyebut pihaknya memprioritaskan calon penumpang angkutan udara untuk menyertakan hasil rapid test antigen. Pergerakan individu antarkota dan antarprovinsi itulah, disebut Syafrin akan menjadi fokus utama.

2. Bali

Halaman:

Editor: Muhammad Adi

Tags

Terkini