• Jumat, 17 September 2021

8 Fakta Terkait WNI yang Lecehkan Lagu Indonesia Raya

- Sabtu, 2 Januari 2021 | 13:12 WIB

[NEWSmedia] - Pembuat video yang melecehkan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan sempat viral di media sosial, akhirnya ditangkap.

Pelaku berjumlah dua orang. Mereka diketahui merupakan warga negara Indonesia (WNI) yang masih di bawah umur, yaitu NJ (11) dan MDF (16).

Terungkapnya kasus pelecehan terhadap lagu Indonesia Raya tersebut berkat kerjasama yang baik antara Polri dan pihak Polis Diraja Malaysia (PDRM).

"Bareskrim Polri dengan PDRM saling bertukar informasi berkaitan dengan adanya video di kanal YouTube tadi. Akhirnya dari PDRM berhasil mengamankan laki-laki 11 tahun WNI berinisial NJ di Sabah Malaysia," kata Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Argo Yuwono di Mabes Polri, Jumat (1/1/2021).

Sedangkan MDF ditangkap di Cianjur, Jawa Barat. Belakangan diketahui keduanya berteman di dunia maya.

Sebelumnya, kasus ini sempat menghebohkan publik Tanah Air. Tak cuma lirik lagu Indonesia Raya yang diubah, kepala Burung Garuda yang menjadi simbol negara diganti menjadi ayam. Bahkan terdengar pula penghinaan terhadap Presiden Indonesia.

Bahkan sempat pula muncul dugaan bahwa pelaku yang mengunggahnya lewat kanal YouTube bernama My Asean tersebut adalah warga Malaysia. 

2 Pelaku Adalah WNI
Pelaku yang melecehkan lagu Indonesia Raya merupakan Warga Negara Indonesia (WNI). Hal ini dapatkan setelah Polri dan Polis Diraja Malaysia (PDRM) saling bekerja sama mengungkapkan kasus ini.

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Argo Yuwono mengatakan, dari hasil penyelidikan PDRM, berhasil menangkap pria berinisal NJ (11) yang merupakan WNI di Sabah.

Halaman:

Editor: Muhammad Adi

Tags

Terkini

Cara Mengganti STNK yang Rusak dan Prosedurnya

Jumat, 17 September 2021 | 06:54 WIB
X