• Sabtu, 4 Desember 2021

Penuhi Kebutuhan Ramadan, AGRI Jamin Stok Gula Rafinasi untuk Industri Aman

- Sabtu, 13 Februari 2021 | 15:37 WIB

[NEWSmedia]- Asosiasi Gula Rafinasi Indonesia (AGRI) memastikan pasokan gula rafinasi untuk kebutuhan industri mencukupi. Dengan demikian, industri tak perlu khawatir kekurangan pasokan gula, khususnya untuk persiapan Ramadan dan Lebaran 2021.

Ketua Umum Asosiasi Gula Rafinasi Indonesia (AGRI) Benardi Dharmawan mengatakan, sejak izin impor diterbitkan, para importir yang tergabung dalam AGRI yang bergerak cepat merealisasikan pengadaan gula rafinasi untuk kebutuhan industri tersebut.

"Sejauh ini aman ya, karena memang semenjak izin impor diberikan semua sudah produksi dan distribusi. Karena ini juga kita kejar buat kebutuhan Ramadan kan," kata dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (13/2/2021).

Desember sudah dikasih, jadi Januari minggu kedua importasi Raw Sugar sudah mulai masuk. Izin yang diberikan itu semester I ada 1,9 juta ton," tuturnya.

Dia juga menjamin pasokan gula rafinasi hingga akhir tahun 2021 sudah aman. Apabila pelaku industri makanan dan minuman yang mengaku kesulitan memperoleh pasokan bahan baku gula rafinasi, mereka bisa menghubungi AGRI dan pihaknya akan bantu agar anggota AGRI dapat memenuhi kebutuhan industri tersebut.

Benardi mengungkapkan industri gula rafinasi hingga saat ini terus melakukan proses produksi dan mendistribusikan gula rafinasinya ke industri makanan dan minuman. Bernardi juga membantah jika saat ini industri makanan dan minuman tengah kekurangan stok gula tersebut.

"Untuk sekarang tidak (stok tidak kekurangan). Kita sedang gencar-gencarnya produksi sebagai antisipasi untuk mengakomodir kebutuhan makanan dan minuman jelang Ramadan dan Lebaran, yang biasanya mengalami lonjakan permintaan. Jadi sampai sejauh ini kita punya costumer industri makanan dan minuman tidak ada keluhan (kekurangan stok gula rafinasi)," jelas dia.

Benardi menjelaskan, untuk semester I 2021 ini, industri gula rafinasi mendapatkan izin impor raw sugar sebesar 1,9 juta ton untuk diolah menjadi gula rafinasi. Ini dinilai cukup untuk mencukupi kebutuhan industri saat Ramadan dan Lebaran.

"Untuk Ramadan kita siapkan 1 jutaan ton (gula rafinasi). Itu sampai Mei 2021, sampai hari raya," terangnya.

Halaman:

Editor: Muhammad Adi

Tags

Terkini

X