• Rabu, 19 Januari 2022

Kemenag Beri Keringanan Biaya UKT Mahasiswa PTKN, Simak Penjelasannya di Sini

- Sabtu, 31 Juli 2021 | 16:58 WIB
Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI, Muhammad Ali Ramdani (Kemenag)
Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI, Muhammad Ali Ramdani (Kemenag)


NEWSmedia
 - Kementerian Agama memberikan keringanan untuk pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) bagi mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) tahun akademik 2021/2022.

Pemberian keringanan UKT bagi mahasiswa PTKN sebagai respon terhadap pandemi Covid-19 yang telah berdampak pada kondisi ekonomi masyarakat, termasuk keluarga mahasiswa yang kuliah di PTKN.

“Karenanya, kami tahun ini kembali menerapkan kebijakan memberikan keringanan pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT),” kata Direktur Jenderal Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdani di Jakarta, Sabtu 31 Juli 2021.

Baca Juga: Profil Singkat Rektor UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten, Prof. Wawan Wahyudin

Kebijakan tersebut sesuai dengan Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 515 Tahun 2020 tentang Keringanan Uang Kuliah Tunggal pada Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri atas Dampak Wabah Covid-19 sebagaimana telah diubah dengan KMA Nomor 81 Tahun 2021 tentang Perubahan atas KMA Nomor 515 Tahun 2020 tentang Keringanan UKT pada PTKN atas Dampak Wabah Covid-19.

Kemenag ingin memastikan kelancaran pembayaran UKT dan meminimalisir angka putus kuliah mahasiswa pada PTKN,” ucapnya.

Penetapan Keringanan UKT berlaku bagi mahasiswa program diploma dan program sarjana pada PTKN yang terdampak Pandemi Covid-19.

Baca Juga: Intip Spesifikasi Lengkap Laptop Merah Putih Seharga Rp10 Juta, Cuma Sekelas Chroomebook Biasa?

Keringanan itu berupa pengurangan UKT atau perpanjangan waktu pembayaran UKT bagi mahasiswa PTKN.

Selain bentuk keringanan UKT, KMA 81/2021 juga mengamanatkan bahwa PTKN yang menerapkan pola keuangan Badan Layanan Umum (BLU) dapat memberikan keringanan UKT kepada mahasiswa berupa pembayaran UKT secara diangsur atau dicicil.

Halaman:

Editor: Ahmad Hipni

Sumber: Kemenag

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X