Penjelasan Dokter Richard Lee Soal 3 Zat Berbahaya Kosmetik yang Sebabkan Kanker, Madame Gie Termasuk?

- Minggu, 23 Oktober 2022 | 13:13 WIB
3 Zat Berbahaya Kosmetik yang Sebabkan Kanker. (Tangkap Layar YouTube/dr. Richard Lee, MARS)
3 Zat Berbahaya Kosmetik yang Sebabkan Kanker. (Tangkap Layar YouTube/dr. Richard Lee, MARS)

NEWSmedia - Baru-baru ini Madame Gie milik Gisel jadi sorotan lantaran produk kosmetiknya terbukti mengandung merkuri, bahkan ada empat merek lainnya juga yang ditarik BPOM dan positif terdapat 3 zat berbahaya.

3 zat berbahaya ditemukan BPOM pada merek Casandra, Love Me, Miss Girl, Miss Me dan yang terakhir Madame Gie milik Gisel. Kelimanya yakni terbukti mengandung pewarna merah K3, K10, dan juga Sudan III.

Sebagaimana dijelaskan dokter Richard Lee melalui kanal YouTube pribadinya, 3 zat berbahaya yang terdapat pada Madame Gie milik Gisel dan empat merek lainnya bisa menyebabkan kanker.

Ada enam belas produk yang diklaim BPOM menggunakan pewarna merah K3, pewarna merah K10, dan Sudan III. 3 zat berbahaya itu dilarang digunakan dalam pembuatan kosmetik.

Baca Juga: Cara Cek Syarat Penerima Kartu Prakerja Gelombang 47 yang Telah Dibuka di prakerja.go.id, Disimak Agar Lolos

3 zat berbahaya seperti pewarna merah K3, pewarna merah K10 dan Sudan III memiliki sifat Karsinogenik yang dapat menimbulkan gangguan fungsi hati dan kanker.

Pewarna merah K3 dan pewarna K10 merupakan pewarna tekstil yang biasa digunakan untuk baju dan tidak boleh digunakan pada wajah ataupun makanan lantaran dapat menyebabkan iritasi saluran pencernaan usus.

"Jadi gak boleh dipakai di wajah gak boleh juga dimakan, gak boleh sebagai pewarna makanan karena sebenarnya bisa mengiritasi kekongkongan, saluran pencernaan dan usus," ujar dokter Richard Lee yang dikutip NEWSmedia melalui kanal Youtube dr. Richard Lee, MARS pada Sabtu, 22 Oktober 2022.

Berdasarkan penjelasan dokter Richard Lee, hal itu bisa menyebabkan pendarahan lambung dan juga menyebabkan peradangan usus. Jadi sangat berbahaya bagi kesehatan.

Baca Juga: Kartu Prakerja Gelombang 47 Sudah Dibuka, Begini Cara Daftarnya di prakerja.go.id dengan Mudah

Halaman:

Editor: Rahadatul Aisy

Tags

Artikel Terkait

Terkini