BPOM Rilis Daftar 23 Obat Sirup yang Tak Mengandung Pelarut Berbahaya Aman Dikonsumsi Anak Sesuai Aturan Pakai

- Senin, 24 Oktober 2022 | 15:14 WIB
BPOM Rilis Daftar 23 Obat Sirup yang Tak Mengandung Pelarut Berbahaya Aman Dikonsumsi Anak Sesuai Aturan Pakai. (Freepik.com)
BPOM Rilis Daftar 23 Obat Sirup yang Tak Mengandung Pelarut Berbahaya Aman Dikonsumsi Anak Sesuai Aturan Pakai. (Freepik.com)

NEWSmedia - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) rilis perkembangan terbaru terkait temuan obat sirup anak yang mengandung Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG).

Dari 102 obat yang ditemukan, BPOM mengklaim ada 23 obat sirup yang dinyatakan aman dikonsumsi anak asalkan berdasarkan dosis sesuai aturan.

23 obat sirup di nyatakan aman oleh BPOM untuk dikonsumsi sesuai dengan aturan pakai lantaran tidak mengandung pelarut seperti Propilen Glikol, Polietilen Glikol, Sorbitol dan Gliseron atau Gliserol.

Baca Juga: BPOM Umumkan Perkembangan Obat yang Aman Dikonsumsi Anak Terkait Kasus Gagal Ginjal Akut, Ini Penjelasannya

Berikut detail informasi dari BPOM terhadapt obat sirup yang aman dikonsumsi untuk anak-anak, asalkan sesuai dengan aturan pakai.

"Keempat bahan tersebut, sebenarnya bukan merupakan bahan yang berbahaya atau pun dilarang penggunaannya dalam pembuatan obat sirup," ujar Penny Kusumastuti Lukito selaku kepala BPOM sebagaimana dikutip NEWSmedia melalui pmjnews.com pada Senin, 24 Oktober 2022.

Menurut kepala BPOM, penggunaan pelarut Propilen Glikol, Polietilen Glikol, Sorbitol dan Gliserol dalam obat sirup anak sebenarnya aman sepanjang sesuai aturan pakai yang ada.

Baca Juga: Bonek Persebaya Beri Sinyal Turun Ke Jalan Akibat PSSI Tolak Rekomendasi TGIPF: Revolusi Sepak Bola Dimulai?

Menurut BPOM, keempat pelarut tersebut hanya sebagai bahan tambahan yang digunakan dalam obat sirup anak namun diduga positif tercemar Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG) sehingga menjadi berbahaya.

Diketahui sebelumnya Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut ada 102 obat sirup anak yang ditemukan di kediaman pasien gagal ginjal misterius.

Halaman:

Editor: Fauzan KR

Sumber: Instagram.com/ @pandemictalks

Tags

Artikel Terkait

Terkini