Cara Merawat Gigi Berlubang, Lebih Baik Dicabut atau Ditambal? Simak Penjelasan Berikut Ini

- Rabu, 9 November 2022 | 11:06 WIB
Cara merawat gigi berlubang (Pixabay/ ales_kartal)
Cara merawat gigi berlubang (Pixabay/ ales_kartal)

NEWSmedia - Simak pembahasan mengenai solusi untuk gigi berlubang yang bisa menimbulkan rasa sakit bagi penderitanya.

Artikel ini juga akan menjawab pertanyaan, apakah perawatan gigi berlubang itu harus dicabut atau ditambal saja, simak agar tidak salah tindakan saat Anda menghadapi sakit gigi.

Perlu diketahui, perawatan gigi berlubang ditentukan oleh tingkat keparahan gigi berlubang tersebut, jadi tidak selamanya harus dicabut.

Baca Juga: FULL HD! Cara Nonton Piala Dunia 2022 di Nex Parabola, Bonus Nomor Whatsapp Official Jika Bingung Saat Daftar

Sebab, pencabutan gigi berlubang baru bisa ditempuh apabila gigi sudah mengalami kerusakan yang cukup parah, sehingga tidak dapat dipertahankan lagi.

Dikutip NEWSmedia dari YouTube Dokter Gigi Channel bahwa gigi terdiri dari 3 lapisan, yaitu enamel atau email yang merupakan lapisan gigi paling luar berwarna putih yang terlihat agak transparan.

Lapisan gigi yang kedua adalah dentin, yang berwarna kekuningan dan ketiga atau di dalamnya lagi ada yang namanya lapisan gigi pulpa, yang berisi pembuluh darah dan pembuluh syaraf.

Baca Juga: Bangga Hasil Karya Video Syur Tersebar: Begini Pengakuan Icha Ceeby Pemeran Wanita Kebaya Merah Full 16 Menit

Ketika gigi berlubang baru mencapai lapisan email dan belum dirasakan gejala apa-apa, bisa langsung ditambal dalam satu kali kunjungan, sebab jika dibiarkan, maka lubang gigi akan berlanjut ke lapisan yang lebih dalam lagi, yaitu dentin.

Ketika gigi berlubang yang sudah mencapai dentin, akan menyebabkan penderitanya merasakan ngilu atau bahkan sakit. Perawatan pada tahap ini tergantung dari diagnosis giginya, jadi ada beberapa pilihan perawatan, yaitu bisa langsung ditambal dalam satu kali kunjungan, perawatan paltkeping yang bisa dilakukan dalam dua kali kunjungan, lalu ditambal atau dibuatkan crown gigi jika kerusakannya sudah cukup luas dan perawatan saluran akar jika sudah ada nyeri spontan.

Halaman:

Editor: Ahmad Hipni

Tags

Artikel Terkait

Terkini